Bila sang buah hati sudah memasuki usia sekitar 4 sampai 6 bulan, bersiaplah bila dia mulai rewel ya Bunda. Pasalnya usia tersebut adalah saat di mana si kecil akan mengalami momen tumbuh gigi dan yang biasanya akan membuatnya jadi semakin rewel. Tak sedikit orang tua merasa kebingungan mencari cara untuk mengatasi rewelnya si kecil ini. Dan kalau Bunda juga sedang mengalami masalah serupa, berikut Lapis Malang akan berbagi tips mengatasi si kecil yang rewel di momen tumbuh giginya.

Dinginkan teethernya

Teether sepertinya menjadi salah satu mainan yang wajib diberikan orang tua pada si kecil ya. Ketika sang buah hati mulai rewel karena rasa sakitnya tersebut, coba Bunda berikan teether yang sebelumnya sudah dimasukkan ke dalam kulkas. Pasalnya bayi akan senang menggigit mainan dinginnya, belum lagi rasa dingin tersebut bisa mengurangi rasa sakit di bagian gusi. Jangan masukkan mainan (teether) tersebut dalam freezer dalam waktu yang lama ya Bunda, karena hal itu hanya akan merusak gusi bayi serta membuatnya makin merasa sakit saking kerasnya.

Gunakan handuk dingin

Pilihan lain yang bisa Bunda berikan pada si kecil adalah handuk dingin. Kebanyakan bayi yang sedang tumbuh gigi akan merasa senang bila menggigit kain maupun handuk, sebab dua benda tersebut sifatnya fleksibel sehingga bisa mengikuti rongga mulutnya. Coba dinginkan sebuah handuk sebelum memberikannya pada si kecil. Namun pastikan handuk tersebut memiliki bulu-bulu yang kuat serta pendek agar nantinya tidak termakan oleh si kecil.

Berikan jari Bunda

Kalau memang terpaksa, beberapa orang mengatakan bahwa tidak masalah untuk memberikan punggung jari Bunda untuk kemudian digigit-gigit oleh si kecil. Jika Bunda ingin mencoba cara ini, harap diingat untuk tidak memberikan ujung jari ya. Karena seperti yang diketahui bahwa kuku tangan kita tidaklah selalu bersih dan berbebas dari bakteri-bakteri jahat.

Berikan obat khusus

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan memberikan obat khusus bayi tumbuh gigi. Saat ini Bunda bisa dengan mudah menemukan beberapa merk obat khusus tumbuh gigi bayi di apotek-apotek. Cukup oleskan obat tersebut di bagian gusi si kecil. Karena cara kerja obat ini layaknya obat bius oleh, maka si kecil akan merasakan mati rasa di bagian gusi tidak lama setelah obat dioleskan. Namun, cukup gunakan obat ini bila situasi memang sangat mendesak ya Bunda.

Sebelum mencoba cara-cara di atas, Bunda harus terlebih dahulu mengetahui kira-kira apa saja sih tandanya bila anak sudah mulai tumbuh gigi agar tidak salah penanganan. Selain si kecil jadi makin rewel, anak akan lebih sering mengeluarkan air liur serta menggigit-gigit benda di sekitarnya. Terkadang dia juga akan terbatuk-batuk, ruam di bagian dagu serta wajah, tidak nafsu makan, dan sulit tidur. Semoga setelah ini rewel si kecil bisa berkurang ya Bunda. Dan bila semua giginya sudah tumbuh sempurna dan sehat, yuk ajakin dia mencicipi lezatnya camilan Lapis Malang. Si manis Lapis Malang ini bisa kalian dapatkan di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply