Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan si kecil adalah menghisap jempol. Bagaimana tidak kebiasaan ini bisa dibawanya sampai ia tumbuh dewasa, dan tentunya berdampak pada kesehatannya. Hal itu disebabkan oleh masuknya kuman ke dalam tubuh melalui isapan jempolnya. Wah tentu kebiasaan ini harus segera dihentikan ya bunda. Yuk terapkan cara-cara berikut untuk menghilangkannya.

Memberitahu Dampak Buruk Menghisap Jempol

Bunda bisa membantu menghilangkan kebiasaan menghisap jempol pada si kecil dimulai dengan menjelaskan dampak-dampak buruk apa saja yang disebabkan oleh terlalu sering menghisap jempol. Misalnya sulit berbicara dengan benar,  membuat kuman penyakit mudah masuk, mendorong gigi ke depan sehingga akan terlihat lucu dan kemungkinan anak menggunakan kawat gigi. Biasanya si kecil akan memberikan respon yang baik ketika ia mengetahui alasan mengapa menghisap jempol merupakan hal yang buruk.

Mengganti kebiasaanya

Coba Bunda amati, kira-kira pada waktu apakah si kecil cenderung mulai menghisap jempolnya. Misalnya saja jika dia sering melakukannya pada saat menonton TV, maka berilah dia aktivitas tambahan untuk jarinya agar tidak hanya diap. Misalnya saja biarkan dia memegang dan memainkan remote control. Dengan begitu dia akan lupa perkara menghisap jempol.

Mengalihkan perhatian

vemale.com

Walaupun cara ini sangat umum, tetapi cara ini cukup efektif loh bun. Buatlah si kecil sibuk dengan cara memberikan mainan yang membutuhkan keaktifan tangan dan jari-jarinya di saat ia senggang. Misalnya memberikan ia mainan lego, puzzle, piano mini dan lain sebagainya. Atau ajak dia bermain boneka jari secara bergantian. Dengan begitu tentu jari serta tangannya akan sibuk melakukan beragam kegiatan bermain tadi.

Memberikan Pujian Saat Si Kecil Berhasil Melakukannya

dailymail.co.uk

Saat si kecil berhasil menghilangkan kebiasaan menghisap jempol, berikanlah ia pujian atau hadiah. Bunda bisa memberikan hadiah camilan kesukannya, tentunya camilan yang sehat juga ya bun. Hindari memarahi atau memberikan hukuman, karena hal tersebut hanya akan membuatnya beralih menghisap jari lain, atau malang memulai kebiasaan buruk lainnya yang memberikan ia kenyamanan.

Nah itu tadi bunda cara-cara jitu menghilangkan kebiasaan menghisap jempol pada si kecil. Sebenarnya cara-cara ini cukup sederhana, namun Bunda harus ekstra sabar mendampinginya. Bicara soal quality time bersama anak nih, jangan lupa ajan juga camilan enak Lapis Malang untuk makin menghangatkan suasana ya. Penganan manis ini bisa Bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply