Banyak yang beranggapan jika matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Oleh karena itu buah hati bunda dianjurkan untuk belajar berhitung sedini mungkin. Walaupun mengajari si kecil berhitung bukan hal yang mudah karena masih masanya untuk bermain, belajar berhitung tidak selalu membosankan kok bunda. Berikut ini Lapis Malang punya cara-cara jitu yang asyik untuk mengajari buah hati berhitung. Coba praktekkan di rumah yuk bun.

Kenalkan Lambang Bilangan

psikologan.blogspot.com

Langkah awal yang harus bunda lakukan adalah memperkenalkan lambang bilangan kepada si kecil. Misalnya bunda memperkenalkan angka 1-10 beserta cara menghafalkannya. Bunda bisa membelikan buku berhitung untuk mengajari simbol macam-macam angka. Setelah si kecil mulai paham tentang angka, ajari ia untuk mengurutkan angka-angka, kemudian berhitung. Lakukan metode ini secara bertahap ya bun, dan jangan sampai memaksa si kecil untuk belajar, ajari ia saat moodnya sedang baik.

Menggunakan Kartu Angka

gracemelia.com

Metode ini cukup efektif loh bunda, bunda bisa mendapatkan kartu angka di toko mainan anak. Supaya si kecil tertarik dan lebih bersemangat lagi untuk belajar, pilihlah kartu angka yang memiliki gambar karakter favoritnya, seperti karakter heroes atau princess. Selanjutnya, bunda bisa mengajari cara berhitung dengan cara tebak-tebakkan menggunakan kartu angka tersebut. Misalnya dengan meminta si kecil memilih kartu sesuai angka yang bunda sebut, lalu memintanya mengurutkan angka dari yang terkecil hingga terbesar. Lakukan cara ini berulang-ulang ya bunda agar si kecil semakin paham.

Menggunakan Buah-buahan

blog.debusana.com

Belajar bisa kapan saja dan dimana saja, bunda juga bisa menggunakan buah-buahan yang ada di rumah sebagai media mengajari si kecil berhitung. Bunda bisa meminta si kecil mengambilkan buah dengan jumlah sesuai permintaan bunda. Kemudian memintanya meletakkan dalam sebuah wadah. Lakukan cara ini beberapa kali sampai buahnya habis dan mintalah ia untuk menghitung total keseluruhan jumlah buah yang ada dalam wadah. Jika ia salah mengitung, koreksilah dengan sabar dan lakukan metode ini secara berterus terus.

Memasang Poster Berhitung di Tembok

indonesian-store.resmart.info

Memasang poster berhitung di tembok merupakan alternatif yang efektif agar si kecil belajar berhitung dengan mudah. Pasanglah poster tersebut di  kamarnya, yang bisa ia lihat setiap hari. Semakin sering ia melihatnya, semakin mudah ia mengingatnya. Bunda bisa mendapatkan poster berhitung di toko peralatan sekolah, atau bunda bisa membuatnya sendiri dengan warna-warna yang menarik. Oh iya jangan jadikan posternya sebagai pajangan saja ya bunda, mintalah si kecil untuk menghafalkannya juga.

Berhitung dengan Menggambar

tuturma.ma

Cara mengajari si kecil berhitung yang menyenangkan lainnya adalah dengan menggambar. Bunda bisa menuangkan metode penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk gambar. Misalnya bunda menggambar 5 buah rumah lalu mintalah si kecil menebak jumlah gambar tersebut. Metode ini sangat bagus untuk si kecil, karena ia juga bisa mengasah kreativitas sambil belajar berhitung.

Nah, demikian bunda cara jitu mengajari si kecil berhitun, yang bisa dilakukan di rumah. Cara-cara tersebut memang membutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran ya bunda. Jika bunda selesai mengajari si kecil berhitung, ada baiknya bunda bersantai sambil menikmati Lapis Malang. Camilan kekinian yang harganya terjangkau ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply