Rasa takut atau phobia yang muncul pada diri seseorang merupakan hal yang wajar. Bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja, anak-anakpun pasti bisa memiliki phobia. Tetapi jika phobia itu menjadi berlebihan, maka sebagai orang tua, bunda perlu melakukan sesuatu untuk mencegahnya. Berikut ini Lapis Malang punya beberapa tips mencegah phobia pada si kecil yang bisa bunda praktekkan, di simak yuk bunda.

Meningkatkan Rasa Optimisme Pada Anak

panorama.com.ve

Sebenarnya, phobia adalah sesuatu yang bisa disembuhkan dan phobia juga berhubungan dengan emosinya. Tentunya phobia bisa diatasi dengan cara mengajarkan buah hati bunda untuk selalu berfikir positif terhadap suaty hal. Ia juga harus diajarkan untuk memiliki sudut pandang dengan percaya diri dan optimis. Dengan cara ini, buah hati bunda akan selalu berusaha untuk bisa mengatasi phobia yang dimilikinya.

Ajarkan Untuk Melawan Rasa Takut

life.spartan.com

Setiap orang pasti memiliki rasa takut ya bunda. Untuk anak yang memiliki rasa takut dan sudah menjadi phobia, sebaiknya bunda dan keluarga membantu menghilangkan rasa takutnya secara perlahan. Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka rasa takut yang dimilikinya perlahan-lahan akan menghilang.

Ajak Untuk Relaksasi

yogajournal.com

Aktivitas relaksasi tidak hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja loh bunda, tetapi juga untuk anak-anak. Kegiatan relaksasi seperti yoga ternyata bisa bermanfaat untuk mencegah phobia. Yoga bisa membantu menetralisir rasa takut atau rasa cemas yang ada pada diri anak. Jika ia sering mengikuti kegiatan relaksasi seperti yoga,secara otomatis ia akan diajarkan cara mengatasi gangguan emosi dan bisa menjadikannya lebih tenang.

Selalu Memberi Dukungan

hellosehat.com

Peran keluarga selalu penting dalam perkembangan anak. Oleh karena itu, dalam kondisi apapun, kita sebagai orang tua harus selalu memberi dukungan pada anak. Keluarga yang selalu bersikap dan mengarahkan anak untuk bersikap positif dan optimis, akan membuatnya untuk tidak takut terhadap apapun, bunda. Jangan lupa selalu gunakan cara ini ya.

Demikian bunda cara-cara untuk mencegah agar buah hati bunda terhindar dari phobia. Sebenarnya cara-cara tersebut harus dilakukan dengan dukungan penuh dari orang tua, misalnya dengan saling share dan qualilty time bersama. Jika bunda butuh camlan yang bisa mendukung quality time bersama si kecil, yuk sediakan Lapis Malang di rumah. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply