Mengajarkan si kecil hal-hal baru sepertinya akan jadi aktivitas yang menyenangkan untuk para orangtua ya. Entah itu mengajarkan dia berjalan, berbicara, atau hal sederhana seperti makan sendiri. Kalau sebelumnya kita sudah banyak berbagi cerita tentang tips mengajari sang buah hati berjalan dan berbicara, sekarang yuk kita berbagi cerita tentang cara agar si kecil bisa mulai belajar lebih mandiri dengan makan sendiri. Dan di bawah ini Lapis Malang sudah menyiapkan beberapa tipsnya yang dilansir dari berbagai sumber.

Eksplorasi makanan

Cara pertama yang bisa Bunda coba adalah dengan membiarkan sang buah hatu mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Karena yang namanya balita pasti selalu senang menjelajahi sekitarnya bukan? Entah itu dengan cara melihat, mendengar, menyentuk, mencium, sampai mencicipi. Hal tersebut tentu juga dilakukannya saat ‘mengeksplorasi’ jenis penganan yang akan dimakannya. Biarkan sang buah hati mencium-cium atau mencicipi makanannya pelan-pelan sebagai tahapan untuk belajar makan sendiri.

Membiasakan memegang alat makan

Biasanya untuk anak yang sudah memasuki usia antara 18 sampai 24 tahun sudah bisa diajarkan untuk memegang sendoknya sendiri. Nah pada saat ini, coba Bunda pilihkan jenis makanan dengan tekstur mudah menempel pada sendok si kecil. Apakah itu mashed potato, oatmeal, ataupun yogurt. Dengan begini, si kecil akan lebh mudah untuk makan sendiri karena makanannya tidak akan mudah jatuh meski teknik memegang sendoknya belum sepenuhnya sempurna.

Pilih peralatan makan khusus

Yang namanya anak kecil pasti mudah tertarik dengan segala hal baru bukan? Oleh karena itu, jika memang Bunda dan keluarga sudah setuju untuk mengajarkan sang buah hati makan sendiri, yuk mulai sediakan peralatan makan menarik. Entah itu piring warna-warni dengan gambar tokoh kartun kesukaannya atau cangkir berbentuk binatang-binatang lucu. Namun saa berbelanja Bunda harus selalu ingat untuk nggak mudah laper mata ya. Pastikan peralatan makan itu terbuat dari bahan yang aman untuk si kecil.

Makan bersama

Mengajarkan anak makan bukan berarti semua anggota keluarga harus bergiliran waktu makan. Bunda bisa coba trik makan bersama keluarga lho. Namun tetap anak diberikan tempat dan peralatan makan sendiri. Dengan begini si kecil secara tidak langsung akan memperhatikan cara makan setiap anggota keluarga yang lain. Mulai dari cara memegang sendok sampai cara menyuapkan makanan dengan benar. Dan tentu cara ini terbukti cukup ampuh lho Bunda.

Gunakan finger food

Akan sangat sulit untuk anak belajar makan sendiri jika Bunda langsung meletakkan ayam goreng utuh aau wortel dengan potongan besar-besar di piring si kecil. Oleh karena itu, finger food atau makanan dengan ukuran sekali suap sangat dibutuhkan di fase anak belajar makan. Letakkan potongan makanan berukuran kecil seperti wortel atau apel. Dengan begitu sang buah hati dapat dengan mudah menyendok makanannya tersebut dan mudah pula untuk dimasukkan ke dalam mulut kecilnya.

Itu tadi Bunda lima cara asik yang bisa dipraktekkan saat ingin mengajarkan si kecil untuk makan sendiri. Sebenarnya cara-cara tersebut cukup sederhana dan mudah dilakukan, tapi memang butuh kesabaran ekstra ya. Jika si kecil sudah mulai ago, yuk ajak dia menikmati jajanan aneka rasa Lapis Malang yang tentu akan disukainya.

Leave a reply