Stress tidak hanya bisa dialami orang dewasa saja loh bunda, si kecil pun juga bisa mengalami stress. Ada berbagai hal yang menjadi penyebabnya, contohnya lingkungan sekolah, teman, pekerjaan rumah, atau bisa juga perubahan rutinitas. Jika si kecil mengalami stress gejala yang mulai ditunjukannya seperti, mudah cemas, sakit kepala,  sampai susah tidur. Berikut ini Lapis Malang punya beberapa contoh aktivitas penghilang stress yang bisa bunda kenalkan kepada si kecil. Jika bunda mulai mengetahui tanda-tanda stress yang dialami oleh si kecil, lakukan cara-cara ini yuk bunda.

Tarik Nafas Panjang

Jika buah hati bunda mulai menunjukkan gejala-gejala stress, bunda bisa membantunya untuk melakukan latihan pernafasan. Cara ini lumayan efektif untuk membantunya menurunkan stress yang ia alami.  Bantulah si kecil dengan memberikan contoh bagaimana mengambil nafas sambil berhitung satu sampai lima secara perlahan.  Setelah itu  bunda bisa melakukan hitungan yang sama saat menghembuskan nafas. Cara ini bisa dilakukan selama beberapa menit sehingga si kecil merasa lebih tenang.

Olahraga

sumber : healthywomen.org

Siapa sangka ternyata olahraga juga efektif untuk mengurangi stress. Selain itu, berolahraga juga mendorong pelepasan endorfin, yang memicu perasaan jadi lebih bahagia. Ajaklah si kecil untuk berolahraga, misalnya dengan jogging di sore hari, atau pagi hari saat weekend, bersepeda, atau main baseball. Lakukan cara ini secara teratur ya bun, agar si kecil tidak lagi mengalami stress. Bunda bisa juga melakukan cara ini disaat hari-hari berat yang ia alami, misalnya menjelang ujian di sekolahnya

Menyanyi Sambil Menari

Menyanyi sambil menari juga bisa mendorong terproduksinya hormon endorfin yang bisa membuat bahagia. Ajaklah si kecil menyanyi lagu-lagu ceria sambil menari. Menggerakkan seluruh angota tubuh dan mengikuti alunan musik yang ceria sangat ampuh  untuk mengembalikan mood, membantu relaksasi dan juga mengurangi stress.

Bermain Squishy

Selain tarik nafas, olahraga, menyanyi sambil menari, bermain yang melibatkan aktivitas sensor juga memiliki efek yang menyenangkan loh bunda. Aktivitas sensor yang dimaksud misalnya bermain squishy yang sedang populer akhir-akhir ini. Bunda bisa memberikan macam-macam squishy seperti karakter-karakter atau bentuk favoritnya. Seperti karakter hewan-hewan lucu ataupun bentuk seperti ice cream, kue dan lain-lain.

Nah demikian bunda aktivitas penghilang stress yang bisa bunda kenalkan kepada si kecil. Saat si kecil merasa cemas dan mulai menunjukkan gejala stress, ajaklah ia beristirahat sejenak atau mengajaknya untuk mengobrol dari hati ke hati, sehingga ia bisa mengungkapkan hal-hal yang membuatnya stress.

Saat bunda melakukan pembicaraan dari hati ke haati bersama si kecil, bunda juga bisa menyediakan camilan lezat yang bisa menjadi camilan favoritnya. Apalagi kalau bukan Lapis Malang, bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply