Seluruh umat muslim di dunia merayakan Hari Raya Idul Adha sebagai puncak ibadah haji. Momen ini juga diperingati dengan Shalat Ied dan juga selalu identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, domba atau unta. Nah, jika bunda punya banyak stok daging kurban di rumah dan bingung mau dimasak apa, yuk langsung cek resep-resep di bawah ini :

Sate

resepcaramemasak.info

Makanan sederhana tapi nikmat ini sering kita jumpai di pinggir-pinggir jalan ya bunda, dan ternyata makanan ini gampang banget dibuatnya, apalagi kalo masaknya bareng keluarga rame-rame, wah pasti seru deh. Berikut untuk resepnya bun :

Bahan-bahan

-700 gram daging kambing
-Daun pepaya secukupnya

Bahan halus

-1 sdt ketumbar
-1 bongkah gula merah
-3 buah asam Jawa
-Secukupnya garam

Bahan olesan saat dibakar

-5 sdm kecap manis
-8 sdm air
-3 sdm minyak goreng

Bahan pelengkap

-2 buah tomat, potong-potong
-5 bawang merah, iris tipis
-2 cabai rawit, iris-iris
-Kecap manis secukupnya

Cara membuat

  • Daging kambing dipotong-potong dadu, lalu bungkus dengan daun pepaya yang telah diremas-remas.
  • Diamkan 30 menit agar enzim papain yang terkandung di dalam daun pepaya bekerja mengempukkan daging.
  • Setelah 30 menit, buka bungkusan daun pepaya lalu cuci daging.
  • Setelah dicuci, lumuri daging dengan bumbu halus. Aduk-aduk hingga bumbu merata lalu tusukkan daging pada tusuk sate.
  • Bakar di atas bara api sambil diolesi bumbu, sambil dikipas-kipas dan dibolak-balik hingga sate matang dan harum.
  • Sajikan sate bersama irisan tomat, bawang merah dan cabai rawit. Tuang kecap manis.

Gulai

camemberu.com

Salah satu hidangan yang ditunggu keluarga di rumah saat Idul Adha adalah gulai kambang. Hidangan ini bisa dimakan bersama nasi ataupun lontong, kalau memasak gulai jangan lupa sambal kecapnya juga ya bun sebagai bahan pelengkap.

Bahan-bahan

-500 gr daging kambing plus tulang
-6 siung bawang merah
-3 siung bawang putih
-1 sdt jintan
-1 sdt ketumbar
-2 butir kemiri
-1 ruas kunyit
-1 ruas jahe
-2 ruas lengkuas
-1 batang sereh
-5 lembar daun jeruk
-4 sdm cabai merah giling
-1 sdt bumbu kari bubuk
-Sepotong kecil nanas (opsional)
-Secukupnya gula
-Secukupnya garam
-Secukupnya air
-Secukupnya minyak

Cara membuat

  • Siapkan bahan. Potong-potong daging yang sudah dibersihkan.
  • Geprek sereh dan lengkuas. Haluskan bawang, jintan, ketumbar, kemiri, kunyit.
  • Panaskan sedikit minyak. Tumis bumbu halus, sereh, lengkuas, cabe, jahe dan daun jeruk hingga harum.
  • Masukkan bumbu kari. Aduk rata.
  • Masukkan potongan daging. Aduk-aduk agar bumbu merata. Masak hingga bumbu meresap.
  • Tambahkan nanas. Aduk rata.
  • Tambahkan air. Masak hingga air menyusut dan daging empuk.
  • Masukkan gula dan garam. Tes rasa.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

Rendang

amazinggraze.co

Rendang terkenal dengan  kelezatannya ya bunda, gak heran kalau misalnya masakan ini dinobatkan menjadi salah satu makanan terlezat di dunia. Jika bunda punya stok daging sapi di rumah, boleh yuk dimasak rendang dengan mengikuti resep berikut :

Bahan Utama

  • 2 liter santan (dihasilkan dari 2 buah kelapa tua)
  • 1.5 kg daging

Bahan Bumbu

  • 2 lembar daun kunyit, simpulkan
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 2 cm asam kandis(gelugur)
  • 2 batang daun serai, memarkan
  • 12 butir bawang merah
  • 2 cm jahe, bakar
  • 1 sdt jintan, sangrai
  • 1/2 sdt pala
  • Penyedap rasa secukupnya
  • 100 g cabe merah besar
  • 3 cm kunyit, bakar
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 2 sdt garam
  • 6 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 100 g cabe merah keriting
  • 2 cm lengkuas

Cara Memasak

  • Kita olah dulu daging yang telah disiapkan: potong-potonglah daging rendang dengan bentuk kotak-kotak(dadu) atau sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.
  • Sebaiknya tidak memotong daging dengan ukuran terlalu kecil, supaya pada saat daging dimasak, tidak membuat daging menjadi hancur.
  • Siapkan wajan berukuran besar. Tuangkan santan ke dalamnya.
  • Masukkan juga serai, irisan bawang merah, asam dan daun kunyit.
  • Aduk-aduk bumbu sampai benar-benar mendidih, yakinkan bahwa santan yang sedang dimasak tidak pecah.
  • Selama proses ini Anda sebaiknya mengaduk-aduk santan dengan perlahan-lahan dan hingga benar-benar mendidih dan merata.
  • Jika santan telah mendidih, masukkanlah bumbu yang telah dihaluskan kedalamnya dengan perlahan-lahan dan sesekali mengaduk-aduk. Lakukan selama 20-30 menit.
  • Bila santan terlihat telah berminyak, Masukanlah potongan daging rendang yang sudah dibersihkan.
  • Setel nyala api kompor menggunakan api kecil atau sedang, lalu masaklah hingga santan mengental dan mengering dan juga bumbu meresap ke dalam pori pori daging.
  • Lanjutkan memasak hingga daging menjadi empuk dan matang dengan merata, sabar dan tekunlah untuk mengaduk-aduk perlahan dan terus-menerus supaya bagian dasar tidak menjadi gosong dan daging matang dengan sempurna.

Tengkleng

bonvoyagejogja.com

Makanan khas Solo ini bisa menggugah selera bunda dan keluarga loh. Perpaduan antara tulang kambing, daging dan juga kuah yang kaya rempah ini bisa jadi sajian favorit khas Idul Adha di rumah. Langsung intip resepnya yuk bun!

Bahan-bahan

  • Iga dan tulang kambing  500 gram
  • Kaki dan jeroan kambing 250 gram
  • Daun salam  2 lembar
  • Daun jeruk 4 lembar
  • Serai  1 batang, memarkan
  • Lengkuas 3 cm
  • Cabai rawit 10 buah
  • Kecap manis 2 sdm
  • Garam 1 sdm
  • Gula 1 sdt
  • Air 1,5 liter
  • MInyak, untuk menumis 3 sdm
  • Bawang goreng secukupnya

Bahan Bumbu

  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 8 siung
  • Kemiri 8 biji, sangrai
  • Ketumbar 2 sdt, sangrai
  • Jinten 1/4 sdt
  • Jahe 2 cm
  • Kunyit 2 cm, bakar

Cara Membuat

  1. Rebus kambing bersama daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga setengah matang. Angkat dan cuci bersih kambing daging dan jeroan. Buang airnya.
  2. Rebus kambing kembali dengan air baru (1,5 liter). Sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum. Angkat dan masukkan ke dalam rebusan daging.
  4. Masukkan cabai rawit utuh. Aduk rata.
  5. Bumbui dengan garam, gula, dan kecap manis. Aduk rata dan koreksi rasanya. Angkat.
  6. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Semur Daging

style.tribunnews.com

Bunda dan keluarga di rumah suka makanan yang manis-manis? Boleh yuk bunda memasak semur daging untuk keluarga tersayang di rumah. Langsung cek resep di bawah ini ya!

Bahan

  • 250 g daging sapi, potong-potong
  • 2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu agak besar
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 buah cabe merah, buang bijinya
  • ½ buah tomat, potong-potong
  • Jahe, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • Minyak untuk menumis
  • Air secukupnya
  • Kecap manis
  • Gula merah jawa
  • Gula pasir
  • Garam

Cara Membuat

  • Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabe merah.
  • Siapkan minyak untuk menumis dalam wajan.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan daun salam dan jahe. Tumis hingga harum.
  • Masukkan daging, tumis hingga daging berubah warna.
  • Masukkan kentang, tumis kembali hingga bumbu tercampur.
  • masukkan air hingga merendam daging dan kentang.
  • Tambahkan kecap manis Bango, gula merah, gula pasir, garam, kayu manis bubuk, dan lada secukupnya.
  • Tutup wajan, kecilkan api.
  • Masak hingga air meresap, dan daging matang serta empuk.
  • Hidangkan selagi hangat.

Tongseng

vemale.com

Selain sate daging kambing juga bisa diolah menjadi tongseng loh bunda. Rasanya yang manis gurih pasti bisa bikin siapa aja suka. Yuk langsung cek resepnya di bawah ini :

Bahan-bahan

  • 500 gram daging kambing (rebus sebentar dan hilangkan kotorannya)
  • 8 helai kol, iris
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 sdt garam halus
  • 1/3 sdt penyedap rasa
  • gula merah secukupnya
  • kecap manis secukupnya
  • minyak goreng
  • air bersih
  • lengkuas, geprek
  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • cabai (opsional)

Bahan Bumbu

  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe

Cara Membuat

  • Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus beserta lengkuas, serai, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.
  • Masukkan air dan daging.
  • Tambahkan lada, garam, penyedap, gula merah, masak hingga daging benar-benar empuk.
  • Saat kuah sudah kental masukkan kol dan kecap manis.
  • Masukkan tomat dan cabai, masak sampai layu.
  • Koreksi rasa dan tambahkan bumbu jika kurang.
  • Angkat dan sajikan.

Nah itu dia bunda resep-resep hidangan khas Idul Adha. Setelah memasak dan menikmati hidangan tersebut bersama keluarga, boleh dong bunda dan keluarga bersantai sambil ngemil Lapis Malang. Camilan ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply