Bencana gempa bumi terjadi di Pulau Lombok dengan kekuatan 7 SR pada  hari Minggu 05 Agustus 2018, dan getaran gempanya terasa samapai kota Malang. Dan hingga saat ini gempa susulan masih terus terjadi di Pulau Lombok.

Saat gempa terjadinya pastinya kita panik, berusaha menyelamatkan diri dan segera mencari tempat yang lebih aman untuk berlindung ya bunda ya bunda. Jika gempa terjadi saat bunda bersama si kecil yang harus bunda lakukan adalah sebagai berikut :

Hindari Ruangan yang Penuh Perabotan Mudah Jatuh

haibunda.com

Langkah utama yang perlu bunda lakukan adalah menggendong si kecil dan menghindari ruangan yang penuh dengan perabotan, yang sekiranya mudah jatuh. Seperti kipas angin menempel di dinding, lampu gantung, guci, pot atau vas bunga, dsb. Benda-benda tersebut kemungkinan tidak berbahaya bagi orang dewasa, tapi bisa saja berbahaya untu si kecil. Sebaiknya bunda berlindung ke tempat yang lebih aman, misalnya meja yang kokoh saat gempa terjadi.

Hindari Pintu

lautsprecherb.blogspot.com

Saat gempa terjadi, sebaiknya bunda menghindari dan tidak berdiri di dekat pintu. Karena pintu rumah tidak bisa melindungi bunda dan si kecil jika bangunan rumah bunda runtuh. Tidak seperti meja, pintu rumah tidak memiliki struktur yang kuat oleh karena itu pintu rumah bisa membahayakan saat gempa terjadi. Oleh karena itu, selalu ingat untuk menjauhi pintu rumah ya bunda saat wilayah tempat tinggal bunda terkena gempa.

Tetap Tenang

mijondsagaha.com

Saat gempa terjadi, sebaiknya bunda bersikap tetap tenang dan tidak panik dan meminta si kecil juga tetap tenang. Karena anak-anak di segala usia bisa mengikuti sikap orang tuanya, baik saat bencana terjadi. Jika bunda bisa bisa bersikap tenang, maka kemungkinan besar si kecil juga bisa bersikap tenang. Bunda bisa memberikan pelukan kepada si kecil dan berjanji jika dia aman bersama bunda. Apabila situasi memungkinkan, bunda bisa menjelaskan kepada si kecil jika terjadi gempa dan memintanya untuk mengikuti arahan dari bunda.

Itulah tadi beberapa hal yang mesti bunda lakukan, jika gempa terjadi saat bunda bersama si kecil. Jangan lupa tetap tenang dan berdoa kepada Allah SWT agar mendapat perlindungan dariNya saat gempa terjadi.

Tak lupa, mari kita do’akan saudara-saudara kita di Lombok dan sekitarnya, semoga selalu dalam perlindungan Allah SWT, dan keluarga korban diberikan kekuatan dan ketabahan.

Amin 🙏

Leave a reply