Melihat perkembangan sang buah hati adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para orang tua ya bunda. Dan masa balita adalah masa dimana ia mulai menyerap hal-hal baru dari berbagai pengalaman yang dirasakannya. Pengalaman-pengalaman tersebut bisa ia dapatkan melalui beberapa aktivitas. Sampai menanamkan pendidikan karakter positif yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Berikut ini ada beberapa aktivitas yang bisa menjadi sumber pembangunan karakter positif untuk sang buah hati. Langsung simak yuk bun!

Berkemah

pixabay.com

Mengenalkan sang buah hati kepada alam merupakan hal yang penting loh bunda. Misalnya bunda bisa mengajaknya dan juga semua anggota keluarga di rumah untuk berkemah. Selain seru dan menyenangkan, berkemah bisa membuatnya untuk mengenal alam secara langsung dan mulai mencintainya. Jika biasanya ia melihat sungai, bintang-bintang, gunung, bukit hanya dari buku cerita bergambarnya, kali ini ia bisa melihat secara langsung saat berkemah.

Menjadi Anggota Kelompok

pixabay.com

Melatih kemampuan bersosialisasi sang buah hati sangat perlu dilakukan sejak dini supaya ia mudah berbaur dan beradaptasi di lingkungan baru ya bunda. Kemampuan sosial tersebut, bisa bunda arahkan dengan mengikutsertakannya menjadi anggota kelompok. Misalnya kelompok pramuka, kelompok seni, kelompok sepak bola, kelompok tari, kelompok musik dan lain sebagainya. Selain untuk mengasah bakat anak, aktivitas ini juga mengajarkan pendidikan karakter dan juga bersosialisasi loh bunda. Hal tersebut dikarenakan, aktivitas kelompok harus saling bekerja sama dengan baik untuk mencapai hal yang diinginkan.

Memelihara Hewan Peliharaan

pixabay.com

Mengarjkan si kecil untuk memelihara hewan peliharaan sejak ia balita juga penting loh bunda. Dengan memelihara hewan peliharaan, si kecil akan belajar rasa tanggung jawab dan juga belajar menyayangi makhluk hidup lainnya. Bunda bisa membelikannya kucing, hamster, kelinci, landak mini, sugar glider, dan lain sebagainya. Namu, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kebersihan si hewan peliharaan ya bunda.

Melakukan Pekerjaan Rumah

pixabay.com

Bunda bisa mulai mengenalkan nilai-nilai kehidupan kepadanya, walaupun usianya masih balita. Bunda bisa mengajarkannya tentang rasa perjuangan, tanggung jawab dan juga kerja keras. Caranya dengan melibatkan si kecil untuk membantu menyelesaikan perkejaan rumah. Pekerjaan rumahnya yang ringan-ringan saja bunda, misalnya merapikan kembali mainan yang telah selesai digunakan, merapikan tempat tidur, dan meletakkan piring dan juga gelas kotor ke wastafel. Kegiatan-kegiatan ini bisa membuatnya terhidar dari sifat manja dan juga egois.

Berbagi Dengan Orang Yang Membutuhkan

motherbabychild.com

Bunda juga perlu mengajarkannya sikap empati supaya si kecil tumbuh optimal secara psikologis. Salah satu caranya adalah dengan memberikannya pengalaman membantu orang lain yang membutuhkan. Misalnya, bunda bisa mengajaknya untuk menyumbangkan sebagian tabungannya atau pakaian bekasnya yang masih layak pakai untuk orang yang kurang mampu. Kegiatan ini perlu dilakykan secara rutin bun, supaya sikap empatinya semakin terasah.

Demikian bunda aktivitas-aktivitas pembentuk karakter sang buah hati. Saat ia sedang menjalani atau menjalani aktivitas di atas, jangn lupa untuk memberikannya Lapis Malang sebagai camilan. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Tumenggung Suryo No. 76 A
  7. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  8. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  9. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  10. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  11. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  12. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing

Leave a reply