Liburan sekolah adalah waktu yang sangat ditunggu-ditunggu oleh anak-anak ya bunda. Pasalnya,  anak-anak bisa terbebas dari aktivitas belajar maupun mengerjakan tugas. Untuk mengisi liburan si kecil, bunda tidak perlu harus mengajaknya jalan-jalan ke tempat yang jauh loh. Bunda juga bisa mengajaknya melakukan hal-hal seru di rumah yang tentunya sangat bermanfaat. Berikut ini Lapis Malang punya rkeomendasi aktivitas-aktivitas seru untuk mengisi liburan anak di rumah. Coba nanti dipraktekkan yuk bunda!

Menonton Film

dettoldisney.wordpress.com

Menonton film bisa menjadi salah satu aktivitas seru untuk mengisi liburan anak loh bunda. Tentunya sesuaikan genre film dengan usia si kecil ya bun. Berilah beberapa pilihan film anak-anak, dan mintalah si kecil untuk memilih film yang akan ia tonton. Misalnya Finding Nemo, The Lion King, Wreck It Ralph, Moana, Kubo, Zootopia, How To Train Your Dragon, dan lain sebagainya. Setelah selesai menonton bunda bisa mengajak si kecil untuk berdiskusi tentang pendapatnya mengenai film tersebut.

Bercocok Tanam

pixabay.com

Aktivitas bercocok tanam merupakan kegiatan seru sekaligus edukatif untuk si Kecil ya bunda. Saat liburan sekolah, bunda bisa menyiapkan peralatan sederhana bercocok tanam di rumah. Misalnya sekop kecil, pot tanaman, penyiram bunga, pupuk dan yang paling penting adalah bibit tanaman. Melalui aktivitas ini, si Kecil dapat belajar mengenal beragam jenis tanaman, misalnya buah stroberi, tomat, bunga-bungaan, dan sebagainya. Selain itu, si kecil juga mempelajari cara sederhana untuk bercocok tanam sejak dini.

Membuat Kerajinan Tangan

pixabay.com

Kegiatan seru lainnya untuk mengisi waktu liburan anak adalah dengan mengajak buah hati bunda untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Bunda dan si kecil bisa membuat kerajinan dari bahan-bahan sederhana. Misalnya, membuat bingkai foto dari stik es krim. Siapkan stik es krim dan juga lem kayu. Biarkan dia membuat pola yang diinginkan kemudian menempel masing-masing sisi stik es krim dengan lem yang sudah disiapkan. Membuat kerajinan tangan bisa membantu si kecil meningkatkan kreativitasnya.

Membuat Tenda di Halaman Rumah

auspost.com.au

Kata siap berkemah harus dilokasi perkemahan yang jauh? Bunda juga bisa loh mengajak si kecil untuk berkemah di halaman rumah. Kegiatan ini bisa menjadi ide aktivitas mengisi liburan anak yang hemat. Berkemah di halaman rumah juga tidak kalah serunya loh bunda, jika dibandingkan dengan berkemah di lokasi wisata alam. Bunda bisa meminta tolong suami untuk mendirikan tenda yang cukup untuk tempat beristirahat bunda, suami dan juga para buah hati bunda. Selain melatih kemampuan motorik dan ketangkasan, berkemah di halaman rumah juga bisa mengajarkan si kecil untuk semakin dekat dengan alam.

 

Bermain dengan Hewan Peliharaan

pixabay.com

Hewan peliharaan juga termasuk bagian dari keluarga ya bunda. Baik itu kelinci, hamster, kucing, sugar glider, maupun anjing. Manfaatkan liburan anak bunda dengan bermain bersama hewan peliharaan di rumah. Bermain dengan hewan peliharaan bisa bermanfaat untuk kesehatan mental maupun kesehatan fisiknya loh bunda. Aktivitas yang menyenangkan ini juga bisa meningkatkan kepercayaan diri si kecil sekaligus melatihnya menjadi pribadi yang berempati dan juga bertanggung jawab.

Berenang di Kolam Renang Portabel

pixabay.com

Selain aktivitas-aktivitas diatas, berenang di kolam renang portabel juga tidak kalah menyenangkan loh bunda. Menyediakan kolam renang platik di halaman rumah, bisa menjadi alternatif ketika kolam renang umum sangat ramai dikunjungi saat liburan tiba. Selain itu, bunda juga bisa meminta si kecil mengias kolam renang portabel dengan bola-bola warna warni di atas permukaan airnya. Bunda juga bisa menambahkan prosotan dari plastik di dekat kolam renang agar semakin seru.

Itulah tadi aktivitas-aktivitas seru yang bisa bunda dan buah hati lakukan di rumah saat liburan anak berlangsung. Agar bunda dan keluarga semakin kompak saat liburan, jangan lupa sediakan Lapis Malang di rumah sebagai camilan. Dapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Giant Sawojajar Lantai 2

 

 

Leave a reply