Setiap anak adalah anugerah terindah bagi orang tuanya. Dan setiap orang tua pun pasti sangat menginginkan buah hati mereka memiliki badan yang sehat. Biasanya badan yang sehat bisa dikategorikan dengan berat badan yang cukup dan tidak terlalu kurus. Tentunya ada faktor utama yang mempengaruhi pertambahan berat badan sang buah hati, yaitu makanan. Sangat penting bagi bunda untuk mengetahui makanan-makanan apa saja yang bisa membantu menambah berat badan si kecil. Berikut ini ada rekomendasi 7 makanan penambah berat badan untuk sang buah hati. Langsung cek yuk bun.

Pisang

lifestyle.okezone.com

Tahukah bunda jika 1 buah pisang mengandung lebih dari 1000 kalori?  Selain menyehatkan, pisang mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga bisa menjadi makanan penambah berat badan yang sehat untuk si kecil. Selain itu, pisang juga kaya akan serat, kalium,  karbohidrat, Vitamin C, dan B6. Jadi sering-sering berikan pisang untuk si kecil ya bunda. Bunda bisa mengolah pisang dengan berbagi menu, misalnya, smoothies pisang, pisang nugget, pisang coklat, banana chocolate freeze dan lain sebagainya.

Alpukat

pixabay.com

Bukan rahasia lagi jika alpukat ampuh untuk menambah berat badan. Hal tersebut dikarenakan, alpukat kaya akan kandungan lemak babati yang sehat sehingga ampuh menambah berat badan. Selain lemak nabati, alpukat juga mengandung beberapa vitamin dan juga mineral yang penting bagi tubuh. Yaitu, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, serat, asam pantotenat, dan juga asam folat. Sebagai menu untuk si kecil, bunda bisa menyajikan jus alpukat yang lezat atau alpukat kocok.

Keju

pixabay.com

Makanan olahan susu ini rasanya lezat dan menjadi favorit si kecil. Kejy mengandung protein, kalsium, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, selenium dan juga fosfor. Oleh karena itu keju dipercaya bisa menambah berat badan buah hati bunda. Untuk menunya, bunda bisa memberikan keju sebagai bahan campuran omelet, topping roti bakar, pisang goreng, atau bisa juga bunda memberikan keju langsung yang dipotong kecil-kecil sebagai camilannya.

Ayam

pixabay.com

Daging ayam adalah bahan makanan yang sangat menyehatkan dan bermanfaat untuk meningkatkan berat badan anak-anak. Fosfor, niacin, magnesium, vitamin B6 dan vitamin B12 adalah kandungan gizi yang dimiliki daging ayam.Bunda bisa menyajikan sip ayam, nugget ayam, nasi ayam, ayam goreng, atau ayam kecap sebagai menu makan sang buah hati. Akan tetapi, pemberian daging ayam tidak boleh terlalu sering nih bunda, karena daging ayam mengandung kolesterol yang tinggi.

Kentang

pixabay.com

Kentang juga merupakan makanan penambah berat badan untuk anak-anak yang sehat karena merupakan sumber karbohidrat.  Kandungan yang ada pada kentang adalah vitamin C, vitamin B6, fosfor, dan mangan. Selain kandungan gizinya yang baik untuk meningkatkan berat badan, kentang juga memiliki tekstur yang lembut. Berikanlah kentang goreng, mashed potato atau kentang keju sebagai menu makan buah hati bunda.

Telur

pixabay.com

Telur adalah bahan makanan yang sehat dan berasal dari jenis protein hewani. Selain sehat, telur juga bisa menjadi makanan penambah berat badan untuk si kecil loh bun. Pada telur, terdapat kandungan protein yang tinggi. Selain itu, telur juga mengandung mineral, vitamin A dan vitamin B12. Telur ceplok, telur dadar, omelet, atau telur rebus bisa bunda jadikan rekomendasi sabagai menu makanan si kecil.

Ubi Jalar

pixabay.com

Makanan penambah berat badan yang berasal dari jenis umbi-umbian selain kentang adalah ubi jalar. Ubi jalar juga termasuk ke dalam makanan pendamping ASI yang diberikan di awal. Selain sehat, ubi jalar juga bisa meningkatkan berat badan buah hati bunda.  Ubi jalar kaya akan vitamin A, vitamin C, tembaga, mangan dan vitamin B6. Selain itu, ubi jalar juga mengandung kalium, magnesium, serat makanan, fosfor dan lemak jenuh yang rendah.

Nah itu tadi bun 7 makanan penambah berat badan untuk sang buah hati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda ya.

 

Leave a reply