Anak adalah anugerah terindah setiap orang tua. Dan setiap orang tua pasti mendambakan memiliki buah hati yang tumbuh cerdas dan memiliki prestasi gemilang ya bunda. Tentunya ada dibutuhkan beberapa faktor pendukung agar buah hati bunda tumbuh menjadi anak yang cerdas. Misalnya aktivitas sederhana sehari-sehari yang bisa bunda lakukan bersama si kecil. Nah, berikut ini Lapis Malang merangkum 7 macam aktivitas yang bisa menunjang kecerdasan si kecil. Yang tentunya bisa bunda praktekkan di rumah bersama sang buah hati.

Olahraga

pixabay.com

Olahraga punya banyak manfaat untuk si kecil loh bunda. Selain bermanfaat untuk pertumbuhan tulangnya, olahraga juga bisa meningkatkan kecerdasan si kecil. Jika ia berolahraga secara rutin, otaknya akan otomatis menjadi lebih fokus mengerjakan satu hal tertentu. Olahraga juga bisa mambantu untuk meningkatkan daya ingatnya dan juga membuat si kecil lebih rileks. Jadi biasakian si kecil untuk menyukai olahraga ya bunda. Soalnya olahraga bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah terjadinya degenerasi otak.

Bermain Alat Musik

pixabay.com

Ternyata musik bisa membantu meningkatkan kreativitas, bahasa, perhitungan, kemampuan analisis, kemampuan motorik dan masih banyak lagi. Oleh karena itu bunda dan suami bisa mulai mengenalkan si kecil kepada sang buah hati sejak dini. Bunda dan suami bisa membelikannya alat musik yang sederhana saja, misalnya gitar kecil, seluring, harmonika atau pianika. Setelah mengenal beberapa alat musik, ketertarikan si kecil untuk memainkannya juga akan semakin meningkat loh bunda.

Mendongeng

pixabay.com

Siapa sangka ternyata mendongeng juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan si kecil loh bunda. Bunda dan suami bisa secara bergantian membacakan cerita untuk si kecil sebelum ia tidur. Misalnya cerita rakyat atau legenda daerah di Indonesia. Dua cerita tesebut bisa membantu merangsang imajinasi dan daua pikir si kecil. Nah, jika bunda dan suami sering membacakan dongeng untuk si kecil, pasti ia akan semakin cerdas tiap harinya.

Belajar Bahasa Baru

pixabay.com

Belajar bahasa asing juga salah satu faktor penunjang kecerdasan anak loh bunda. Jadi, daftarkan dia untuk mengikuti les bahasa, selain pelajaran wajib yang ia dapatkan di sekolah. Misalnya bunda bisa mendaftarkan ia kursus bahasa mandarin, bahasa jerman, dan lain sebagainya. Selain meningkatkan kecerdasan, belajar bahasa baru juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuannya berkomunikasi, dan juga meningkatkan daya ingat si kecil.

Tidur Tepat Waktu

pixabay.com

Kebiasaan si kecil yang mesti bunda atur adalah kebiasaan tidur waktu. Selalu usahakan si kecil memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari ya bunda. Karena tidur yang cukup bisa mendukungnya melakukan berbagai aktivitas. Selain itu ia juga menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Nah, kondisi ini sangat berpengaruh dengan tingkat kecerdasan dan juga kemampuan berpikir sang buah hati loh bunda.

Aktif Berkomunikasi

pixabay.com

Menurut penelitian, mayoritas balita mampu mempelajari satu kata baru di setiap minggunya mulai usia 18 bulan. Dan ketika sudah memasuki usia 2 tahun barulah mereka bisa mengucapkan kurang lebih 50 sampai dengan 100 kata. Menurut Tracy Cutchlow yang merupakan editor Brain Rules for Babies, semakin sering seorang balita diajak berbicara maka akan makin banyak juga kata baru yang dipelajarinya. Selain dengan aktif mengajak si kecil berbicara, Bunda juga bisa membacakan buku-buku cerita lho. Mengajarkan anak mengenal kosa kata baru melalui buku lebih disarankan daripada dari televisi, karena saat membacakan cerita akan ada interaksi yang muncul antara orang tua dan anak.

Makan Makanan Begizi

telur ceplok
pixabay.com

Salah satu faktor yang menunjang kecerdasan anak adalah dengan memberika makanan yang bergizi. Banyak sekali makanan lezat dan juga kaya gizi yang bisa bunda berikan untuk si kecil. Misalnya susu, susu dikenal sebagai minuman yang tinggi kandungan protein dan juga vitamin B. Kandungan protein dan juga vitamin B ini bermanfaat mendukung pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim di tubuh si kecil loh bunda. Bunda bisa juga memberikan makanan olahan dari telur ayam yang kaya akan protein. Kandungan protein dalam telur bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi si kecil. Dan bagian telur, yaitu kuningnya juga bermanfaat untuk membantu perkembangan daya ingatnya.

Nah demikian bunda 7 aktivitas penunjang kecerdasan si kecil. Semoga bermanfaat untuk bunda dan si kecil ya. Oh ya jika bunda membutuhkan camilan untuk sajian di setiap aktivitas si kecil, yuk sajikan Lapis Malang. Lapis Malang yang lezat dan bertopping menarik ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing
  12. Giant Sawojajar Lantai 2

 

 

Leave a reply