Anak adalah anugerah terindah bagi setiap orang tua ya bunda, dan memiliki anak kreatif dan cerdas pastinya adalah kebanggan tersendiri. Seperti yang kita ketahui jika kreativitas anak perlu dikembangkan sejak dini. Karena kreativitas mampu membantu anak untuk menyelesaikan masalah, mendapat pengalaman baru, berfikir matang dan lain sebagainya. Ada banyak cara loh agar kreativitas si kecil meningkat, berikut ini Lapis Malang punya 7 cara cerdas untuk meningkatkan kreativitas si kecil. Langsung tips yuk.

Bermain

sumber : pixabay.com

Bermain adalah media terbaik untuk mengembangkan kreativitas anak. Oleh karena itu, sediakan aneka macam mainan ya bunda, misalnya lego, alat melukis, buku gambar, kertas lipat, dan sebagainya. Selain bermain di rumah, berikan juga si kecil kesempatan untuk bermain di luar rumah dan mengenal lingkungan di sekitarnya. Jika si kecil sering bermain di luar rumah, maka bisa dipastikan bahwa ia akan memiliki banyak pengalaman, belajar banyak hal dan mudah berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya.

Lihat Bakat Dan Minatnya

kreativitas anak
sumber : pixabay.com

Setelah memberinya media bermain, bunda bisa mulai memperhatikan apa yang disukai oleh buah hati bunda. Misalnya ia senang olahraga, bermusik, menggambar atau hal-hal lainnya. Jika bunda sudah mengetahui apa minat dan bakatnya, mulailah membantunya untuk mengasahnya. Misalnya bunda bisa melatihnya berolahraga jika ia suka olahraga. Meyediakan buku gambar dan crayon jika ia suka menggambar. Menyediakan alat musik di rumah jika ia suka bermusik. Dengan cara ini, kemampuan dan kreativitas si kecil akan terasah dengan baik.

Bacakan Dongeng

dongeng
sumber : pixabay.com

Membacakan ia cerita atau dongeng juga merupakan cara untuk meningkatkan kreativitas anak loh bunda. Bacakan ia buku setiap hari dan sesekali biarkan dia memilih buku yang disukainya. Bunda bisa juga melibatkan si kecil untuk mengira-ngira tokoh apa yang bunda ceritakan berdasarkan suara yang bunda tirukan. Selain bisa menambah daya imajinasi anak, membacakan buku cerita atau mendongeng juga bisa bermanfaat untuk menambah pengetahuan bahasanya loh bun.

Biarkan Anak Bereksplorasi

eksplorasi
sumber : pixabay.com

Setiap anak pasti memiliki rasa ingin tahu yang tinggi ya bunda. Demi meningkatkan kreativitasnya, biarkan ia mengeksplorasi terhadap lingkungan di sekitarnya. Izinkan ia melakukan hal-hal yang selama itu bermanfaat dan bunda bisa mengawasinya dengan wajar. Apabila bunda terlalu mengekangnya, rasa percaya dirinya akan mudah hilang dan hal ini bisa berpengaruh terhadap peningkatan kreativitasnya.

Mengurangi Larangan

sumber : pixabay.com

Tahukah bunda jika terlalu sering melarang si kecil untuk melakukan sesuatu, bisa berdampak untuk mematikan kreativitiasnya? Sebisa mungkin, kurangilah larangan pada si kecil selama hal tersebut masih aman. Misalnya dengan melarang si kecil bermain kotor-kotoran, padahal ia bisa mandi setelahnya, melarangnya bermain dengan teman-temannya di lapangan, padahal hal tersebut bisa membuatnya mendapatkan pengalaman baru. Dalam kondisi tertentu dan dalam keadaan terpaksa, bunda juga bisa melarangnya melakukan hal-hal yang bisa membahayakannya.

Berikan Pengalaman Baru

anak mengeksploarasi kemampuan
sumber : pixabay.com

Untuk meniingkatkan kreativitasnya, berikan waktu khusus untuk si kecil dengan mengajak ia ke tempat yang belum pernah ia kunjungi sebelumnya. Misalnya dengan mengajaknya ke kebun binantang, museum, pasar tradisional, kebun, sawah, dan sebagainya. Saat ia mengunjungi tempat baru, ia akan melihat-lihat, mendengar, menyentuh dan merasakan sesuatu yang baru dan pengalaman serta wawasannya pun akan bertambah. Pengalaman dan wawasan yang ia dapat, bisa menjadi modalnya untuk melakukan hal-hal kreatif.

Jangan Memaksanya

sumber : pixabay.com

Jika si kecil belum juga menunjukkan bakat ataupun kreativitasnya, jangan pernah memaksanya ya bun. Segala sesuatunya memang membutuhkan proses dan waktu. Sebaiknya bunda memberikan stimulus untuk memancing kreativitasnya agar keluar. Misalnya dengan bermain. Lama-kelamaan kreativitasnya akan terlihat. Dalam hal ini, yang terpenting adalah ia harus melakukannya dengan atusias dan enjoy.

Nah, demikian bunda 7 cara cerdas untuk meningkatkan kreativitas si kecil. Saat si kecil melakukan hal-hal yang bisa bermanfaat untuk meniingkatkan kreativitasnya, bunda bisa memberikan Lapis Malang sebagai camilan untuknya. Kue lapis kekinian lezat dan bebas bahan pengawet ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

 

Leave a reply