Mengajarkan si kecil hal-hal baru sepertinya akan jadi aktivitas yang menyenangkan untuk para orangtua ya. Entah itu mengajarkan dia berjalan, berbicara, atau membaca. Dan ternyata mengajari si kecil untuk bisa membaca, ada beberapa hal yang harus diperhatikan loh bun. Karena sebelum memasuki masa taman kanak-kanak, si kecil diharuskan memiliki kemampuan membaca dan menulis.

Nah, Lapis Malang memiliki cara ampuh untuk mengajari si kecil jago membaca nih bunda. Langsung cek tip-tips di bawah ini yuk :

Gunakan Karpet Huruf

www.evamat.com

Karpet huruf yang biasanya dijadikan alas bermain untuk si kecil ternyata bisa menjadi medianya untuk belajar membaca loh bunda. Sediakan karpet huruf dan angka dengan gambar dan warna yang menarik di rumah, karena hal tersebut bisa membuatnya tertarik untuk membaca. Cara ini termasuk cara yang efektif bun, soalnya si kecil bisa belajar membaca sekaligus bermain.

Membaca Sambil Bernyanyi

appletreebsd.com

Tahukah bunda, kalau salah satu cara mengajari si kecil membaca yang paling mudah dilakukan adalah dengan bernyanyi., dan pastinya para orang tua sering menggunakan cara yang satu ini. Biasanya orang tua mengajari buah hatinya membaca huruf abjad dan angka dengan cara dinyanyikan, dimulai dari A sampai Z dan angka 1 sampai 10. Cara ini juga termasuk cara yang efektif loh bun, karena bisa membuat si kecil mudah melngingatnya.

Gunakan Media Elektronik

youtube.com

Media elektronik juga bisa membantu si kecil untuk belajar membaca loh bun. Bunda bisa mendownload video belajar membaca dan aneka permainan tentang belajar membaca dengan gambar-gambar yang menarik melalui internet. Jika bunda menggunakan metode ini, bisa dipastikan jika si kecil tidak akan bosan.

Membaca Sambil Bercerita

bukuanakmuslim.com

Metode lain yang bisa bunda lakukan adalah membaca sambil bercerita. Bunda bisa menggunakan buku bergambar untuk membantunya belajar membaca. Dalam metode ini yang harus bunda perhatikan bukan hanya si kecil melafalkan apa yang ada di buku bergambarnya, tetapi memahami karakter yang ada di buku.

Jangan Memaksakan Kehendak Anak

rosalinablog888.blogspot.com

Cara mengajari si kecil untuk membaca yang paling baik adalah dengan tidak memaksa kehendaknya. Setiap anak pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sebaiknya bunda tidak pernah membanding-bandingkannya dengan anak lain yang sudah bisa membaca, agar dia mau belajar membaca. Ikuti saja alur belajar si kecil, agar dia tidak merasa terpaksa untuk belajar membaca.

Pahami Mood Si Kecil

lifestyle.kompas.com

Ketika akan mengajari si kecil membaca, bunda harus bisa memahami mood si kecil. Jangan sampai memaksanya untuk belajar saat dia sedang lapar, marah, ataupun mengantuk, karena si kecil tidak akan menurutinya. Temukan mood yang pas saat akan mengajak si kecil belajar membaca. Karena mood sangat mempengaruhi proses belajar si kecil.

Berikan Pujian

appletreebsd.com

Ketika si kecil bisa menyelesaikan tugas belajar membacanya dengan baik, berilah pujian melalui kata-kata atau melalui hadiah. Hal ini akan membuatnya terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuan membacanya. Akan tetapi jika si kecil melakukan kesalahan, jangan lupa berikan arahan dengan kesabaran ya bunda.

Nah itu dia bun, cara-cara ampuh mengari si kecil membaca. Memang dibutuhkan ketaletan untuk melakukannya ya bun supaya berhasil. Jika bunda sudah melakukan tips-tips di atas, bolehlah Bunda santai sejenak bersama sambil ditemani camilan lezat Lapis Malang.

Kue lapis kekinian ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Giant Sawojajar Lantai 2
  8. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

 

 

Leave a reply