Anak adalah anugerah terindah setiap orang tua. Dan setiap orang tua pasti mendambakan memiliki buah hati yang tumbuh cerdas dan memiliki prestasi gemilang ya bunda. Tentunya ada dibutuhkan beberapa faktor pendukung agar buah hati bunda tumbuh menjadi anak yang cerdas. Salah satunya adalah pemberian makanan yang bergizi dan kaya nutrisi. Nah, berikut ini Lapis Malang punya beberapa referensi makanan yang bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan otak si kecil. Yuk langsung dicek bun.

Susu

minum susu
pixabay.com

Susu dikenal sebagai minuman yang tinggi kandungan protein dan juga vitamin B. Kandungan protein dan juga vitamin B ini bermanfaat mendukung pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim di tubuh si kecil loh bunda. Selain itu susu juga kaya kalsium yang bisa membantu pertumbuhan tulangnya. Oleh karena itu sebaiknya bunda memberikan segelas susu setiap harinya agar si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat  dan cerdas serta memiliki postur tubuh yang tinggi.

Telur

telur ceplok
pixabay.com

Tahukah bunda jika telur ayam mengandung protein yang tinggi dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya konsentrasi si kecil. Dan bagian telur, yaitu kuningnya juga bermanfaat untuk membantu perkembangan daya ingatnya. Jadi jangan lupa untuk sering-sering menyajikan telur sebagai menu makan si kecil ya bunda. Mengolah telur ayam sebagai makanan sangat mudah kok bunda. Bunda bisa membuat telur ceplok, telur dadar, atau telur orak-arik.

Yoghurt

pixabay.com

Selain potrein, lemak juga merupakan sumber nutrisi penting untuk kecerdasan otak si kecil loh bunda. Lemak memiliki manfaat unruk menjaga bentuk sel-sel otak agar fungsi otak dalam mengirim dan menerima informasi tetap terjaga dengan baik. Nah, banyak makanan yang mengandung lemak ya bun. Akan tetapi makanan yang mengandung lemak dan menyehatkan salah satunya adalah yoghurt. Bunda bisa memberikan si kecil yoghurt sebagai camilannya, Misalnya yoghurt rasa strawberry, anggur, jeruk, atau blueberry.

Oatmeal

oatmeal
pixabay.com

Tahukah,bunda jika oat adalah salah satu jenis sereal yang paling bergizi yang bisa membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak si kecil. Selain itu, oatmeal juga merupakan sumber energi yang baik dikonsumsi sebagai menu sarapannya. Dan ternyata dalam setiap butir, oat kaya akan kandungan vitamin B, vitamin E, Zinc dan juga Potassium yang bisa berfungsi sebagai nutrisi pendukung tubuh si kecil dan juga otaknya agar bekerja dengan maksimal.

Kacang-kacangan

kacang kedelai
pixabay.com

Vitamin E mengandung antioksidan kuat yang sangat baik untuk melindungi sel-sel tubuh si kecil loh bunda, termasuk sel otak. Hal itu disebabkan karena vitamin E termasuk salah satu nutrisi penting yang sangat perlu bunda berikan kepada si kecil secara rutin untuk mendukung perkembangan otaknya. Nah, vitamin E ini banyak terdapat pada kacang-kacangan loh bunda. Misalnya kacang hijau, kacang tanah, kacang kedelai sampai kacang kapri. Bunda bisa mengolahnya sekreatif mungkin sebagai menu makanan si kecil.

Sayuran Hijau

brokoli
pixabay.com

Untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan otak si kecil, bunda bisa menyajikan aneka sayuran hijau secara bergantian. Misalnya bayam, kacang panjang, sawi, kangkung, brokoli dan lain sebagainya. Sayuran hijau kaya akan vitamin dan juga mengandung folat yang tinggi. Selain itu sayuran hijau juga mengandung senyawa antioksidan loh bunda. Kandungan ini bisa membantu mempercepat pertumbuhan sel-sel otak baru pada si kecil. Jadi, jangan lupa menyajikan sayuran hijau sebagai menu makan si kecil ya bun.

Nah, demikian bunda 6 makanan yang bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan otak si kecil. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda ya.

 

Leave a reply