Bunda pasti sudah mengerti bahwa bayi yang baru lahir memiliki kondisi kulit yang sangat lembut serta sensitif karena memang suhu dalam rahim jauh berbeda dengan di luar ruangan. Tak jarang hal tersebut nantinya memicu si kecil jadi mudah terkena biang keringat. Dan masalah biang keringat sepertinya juga dialami hampir semua bayi ya. Maka dari itu, di bawah ini ada 6 cara mengatasi biang keringat yang bisa Bunda coba agar si kecil bisa tenang.

Atur suhu ruangannya

Berada di dalam ruangan dengan suhu cenderung panas justru akan membuat si kecil makin merasa tidak nyaman bahkan memperburuk kondisinya. Oleh karena itu Bunda harus selalu menjaga si kecil untuk berada dalam ruangan sejuk. Pasalnya suhu yang sejuk akan membuat bayi tak lagi berkeringan secara berlebihan. Suhu dingin juga membuat pori-pori kulit si kecil bisa bernafas lega.

Beri perlindungan ekstra saat cuaca panas

Jika cuaca di luar rumah sedang panas-panasnya, Bunda harus memberi perlindungan ekstra untuk si kecil. Tapi itu bukan berarti harus mengurung sang biah hati di dalam rumah terus menerus ya Bunda. Bila memang ingin mengajak anak keluar rumah, coba kenakan pakaian nyaman serta penutup kelapa. Bawa juga kipas agar dia tidak merasa kepanasan dan mengeluarkan keringat berlebih ya.

Jangan terus-terusan menggendongnya

Yang namanya orang tua memang sih rasanya ingin selalu menggendog si kecil di pelukannya. Namun untuk kasus anak yang sedang terkena biang keringat, coba Bunda kurangi intensitas menggendongnya ya. Hal tersebut dikarenakan suhu tubuh orang dewasa lebih hangat disbanding bayi. Dan saat menggendong tentu bayi juga akan merasakan kehangatan tersebut yang dikhawatirkan bisa memicu munculnya biang keringat lagi.

Pilih pakaian nyaman

Jika sang buah hati sedang terkena biang keringat, pilihkan pakaian nyaman dengan kain berbahan dingin untuknya. Dan juga jangan malas mengganti pakaian tersebut ya Bunda agar selalu terhindar dari kuman. Pilihkan juga baju dengan ukuran sedikit longgar untuk membiarkan kulit tubuhnya bernafas sejenak. Tapi jangan pilihkan baju yang terlalu ‘kegedean ya’, karena bisa-bisa si kecil merasa tidak nyaman.

Kompres menggunakan air dingin

Cara lain yang bisa Bunda terapkan adalah dengan mengompres si kecil dengan menggunakan air dingin. Bunda bisa mencelupkan handuk lembut ke dalam baskom berisi air sebelum kemudian mengompres bagian tubuh si kecil yang terkena biang keringat. Lakukan cara ini selama beberapa kali sampai si kecil benar-benar terbebas dari si biang keringat ya. Oh ya, air yang digunakan juga jangan terlalu dingin agar anak merasa nyaman.

Beri krim khusus

Selain mencoba cara-cara di atas, Bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengatasi biang keringat si kecil. Bunda juga bisa memberikan krim yang memang dikhususkan untuk mengatasi biang keringat bayi yang bisa didapatkan di apotek-apotek sekitar. Oleskan krim tersebut secara perlahan pada bagian tubuh dengan biang keringat.

Kalau melihat cara-cara di atas sebenarnya cukup mudah untuk mengatasi biang keringat sang buah hati ya. Yang pasti Bunda harus menanganinya dengan telaten agar si kecil segera sembuh. Bunda juga bisa meminta bantuan suami atau anggota leluarga lain untuk melakukan cara-cara di atas agar lebih tenang. Semoga si kecil segera terhindar dari biang keringat ya Bund. Oh ya saat menuju apotek untuk membeli krim biang keringat, mampir juga ke outlet Lapis Malang ya Bund. Lumayan kan untuk teman santai setelah selesai menidurkan si kecil di rumah nanti. Bunda bisa sekalian membawa pulang Lapis Malang dari Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply