Banyak sekali jenis mainan yang bisa membantu si kecil untuk meningkatkan kecerdasannya ya bunda. Mulai dari mainan tradisional sampai mainan modern. Salah satu permainan yang punya manfaat besar untuk perkembangan otak si kecil adalah permainan puzzle.

Nah berikut ini Lapis Malang memberikan 5 manfaat permainan puzzle untuk perkembangan otak buah hati bunda. Langsung simak manfaat berikut yuk bun :

Melatih Daya Motorik

greetzonecarpetcleaning.com

Usia balita adalah usia yang sangat pas untuk melatih daya motorik ya bunda. Dengan bermain puzzle, secara otomatis si kecil akan berlatih untuk mengatur antara gerakan mata beserta tangannya. Gerakan ini juga akan melatih keterampilan lainnya loh bun, seperti menulis, maupun melatih keseimbangan saat dia berjalan maupun berlari.

Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah

klikdokter.com

Saat bermain puzzle, si kecil akan belajar untuk menyelesaikan masalah dengan menganalisis tempat yang tepat untuk meletakkan sebuah bagian puzzle agar bisa bersatu dengan bagian yang lain. Menariknya lagi, permainan puzzle hanya bisa diselesaikan bila bagian puzzle diletakkan pada tempat yang tepat. Di sinilah si kecil bisa memutar otak dan mengasah kemampuan problem solving untuk memecahkan masalah, dengan melihat berbagai solusi dan kemungkinan logis yang ada.

Meningkatkan Daya Ingat

klikdokter.com

Pada permainan puzzle si kecil akan dilatih untuk mengingat sebuah gambar dan menyusunnya kembali dengan posisi yang tepat. Si kecil juga akan berlatih untuk menganalisis ukuran, warna dan juga posisi yang pernah dicobanya. Nah, jika si kecil sering bermain puzzle, kapasitas memori yang ada pada otaknya akan semakin berkembang dan kuat bunda.

Melatih Kesabaran

jatik.com

Bermain puzzle memang butuh konsentrasi dan kesabaran ya bunda. Saat si kecil bermain puzzle, ia harus menyusunnya setiap potongan-potongannya dengan benar dan tanpa harus terburu-buru. Nah, karena si kecil harus menyusun setiap bagian puzzle dengan benar tanpa terburu-buru, kesabaran, fokus, serta kestabilan emosinya jadi ikut terlatih.

Mengenal Bentuk

ilslearningcorner.com

Si kecil dapat mengenal berbagai macam bentuk melalui permainan puzzle loh bunda. Selain itu, permainan puzzle juga dapat membantunya mengenal berbagai macam warna dan gambar yang terdapat pada puzzle. Nah bunda setuju bukan kalau bermain puzzle sangat bermanfaat untuk si kecil?

Itu dia bunda beberapa manfaat yang bisa didapatkan si kecil jika dia sering bermain puzzle. Jika bunda ingin si kecil sangat menyukai permainan ini, tidak ada salahnya jika bunda memberikannya permainan puzzle dengan motif gambar yang ia sukai, kemudian bunda bisa memberikannya dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Nah, sembari menemani si kecil bermain puzzle, bolehlah bunda menikmati Lapis Malang. Camilan terjangkau ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

 

 

Leave a reply