Malang memang menjadi salah satu surganya wisata keluarga di Jawa Timur. Bagaimana tidak, di kota bunga ini kita bisa menemukan aneka wisata ramah anak mulai dari taman bermain bahkan sampai pantai dan air terjun. Dan kali ini lagi-lagi Lapis Malang akan memberikan rekomendasi wisata alam yang tentunya ramah anak. Di bawah ini kita punya 5 wisata sumber air di Malang untuk referensi menghabiskan akhir pekan keluarga.

Sumber Maron

Wisata yang satu ini sepertinya sudah sangat dikenal di Malang Raya ya. Sumber Maron yang terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang ini memiliki aliran air yang cukup deras serta sangat jernih. Belum lagi udara segarnya yang akan membuat siapapun pengunjungnya merasa nggak pengen cepet pulang. Sumber Maron juga memiliki air terjun sangat kecil yang mana bagian bawahnya menjadi lokasi favorit anak-anak berenang atau sekedar bermain air. Di sana para pengunjung juga bisa mencoba sensasi tubing dengan menyewa ban yang telah disediakan. Seru banget nih kalau rame-rame bareng keluarga.

Sumber Sirah

Nah kalau yang satu ini juga nggak kalah keren, Bunda. Sumber Sirah merupakan satu wisata sumber air yang terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Spot ini jadi salah satu favorit karena memang punya pemandian air tawar yang super duper jernih. Bahkan saking jernihnya Bunda dan keluarga bisa melihat hijau dan cantiknya tanaman air yang seakan menari-nari di bagian dasarnya. Melihat jernihnya mata air Sumber Sirah tentu sayang banget kalau kita nggak mengajak si kecil berenang ya Bunda. Tenang saja karena di sana terdapat jasa penyewaan pelampung yang tentu akan sangat membantu ya.

Sumber Jenon

Mungkin Bunda masih sangat asing ya mendengar nama Sumber Jenon ini. Spot wisata air yang satu ini bisa ditemukan di kawasan Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten malang. Sumber Jenon ini memiliki air berwarna hijau kebiruan yang nggak diragukan lagi kesegarannya. Pasalnya sumber air di sana langsung berasal dari pegunungan di kaki Gunung Ronggo. Rasakan sensasi berenang atau bermain air sambil didampingi oleh ikan-ikan kecil yang berenang di bawah kaki kita seakan mengajak menari bersama. Spot ini juga sangat terkenal dengan adanya fosil akar pohon raksasa yang berada di bagian dasarnya.

Sumber Krabyakan

Dari Malang Selatan, kita belok lagi ke daerah Lawang yuk untuk mampir ke spot wisata Sumber Jenon. Spot ini mungkin berbeda dibandingkan tiga sumber di atas ya. Pasalnya Sumber Krabyakan ini mata airnya berbentuk layaknya kolam yang di tepi-tepinya tersusun batuan kali. Di sini Bunda dan keluarga akan benar-benar merasakan kesegaran air sumber sambil mendengarkan suara gemericik air sungai yang mengalir. Belum lagi pemandangan bukit dan sawah hijau yang akan secara otomatis membuan waktu liburan dengan keluarga makin menyenangkan.

Sumber Taman

Tempat wisata yang terletak di antara dua desa, yaitu Desa Brongkal dan Desa karangsuko ini memang masih tergolong baru, Bunda. Sesampainya di lokasi, Bunda dan keluarga akan disambut dengan keasrian dan kerimbunan pepohonan yang usianya sudah ratusan tahun yang membuat lingkungan di sana terasa sangat sejuk. Uniknya di sini, sumber mata airnya ternyata berasal dari dua batang pohon besar. Adapun kedalaman air di Sumber Taman ini mencapai kurang lebih 1 smapai 1,5 meter dan luasnya mencapai 30 meter persegi. Selain bisa merasakan segarnya air, Sumber Taman juga sudah sering dijadikan lokasi kemah maupun outbound.

Sumber Maron, Sumber Sirah, Sumber Jenon, Sumber Krabyakan, dan Sumber Taman merupakan lima wusata sumber air di Malang yang cocok banget sebagai destinasi akhir pekan bersama keluarga. Selain bisa merasakan segarnya air, Bunda dan keluarga juga bisa mengajak si kecil belajar berenang bila memang memungkinkan. Dan jangan lupa juga buat perjalanan Bunda dan keluarga makin seru dengan membawa serta camilan lezat Lapis Malang di perjalanan ya.

Leave a reply