Malang memang memiliki banyak sekali potensi wisata yang menarik banyak wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Kalau dulu Malang hanya dikenal sebagai kota bunga, atau kota apel, atau juga daerah dengan pantai eksotis yang berjajar, nampaknya kali ini Malang sudah punya lebih banyak wisata unggulan ya. Salah satunya tentu saja aneka wisata kampung tematik yang terbilang masih baru namun sudah mampu membuat banyak gebrakan. Nah kalau Bunda bingung nih ingin mengajak si kecil jalan-jalan di akhir pekan, yuk mampir ke lima kampung tematik di bawah ini saja.

Kampung Warna-Warni Jodipan

Siapa yang nggak tau kampung tematik yang satu ini ya, Bunda? Spot wisata yang terletak di Desa Jodipan, Kecamatan Blimbing – Malang ini merupakan satu kampung tematik super bikin penasaran. Pasalnya siapapun wisatawan yang mengunjungi Malang pasti akan mencari spot ini sesampainya di kota dingin ini. Kampung warna-warni ini juga sangat cocok untuk jadi alternative tempat liburan bersama si kecil. Ada banyak spot foto menarik untuk ber-narsis ria Bunda dan keluarga. Selain itu di kampung ini Bunda juga bisa mengajarkan si kecil tentang aneka warna lho. Seru banget kan jalan-jalan sambil belajar?

Kampung Tridi

Kampung 3 Dimensi atau yang biasanya dikenal dengan nama Kampung Tridi ini letaknya pas disamping Kampung Warna-Warni lho, Bunda. Di sini si kecil tentu akan merasakan suasana berbeda. Kalau sebelumnya yang menonjol adalah aneka warna-warni super cerah dan menarik, di Kampung Tridi ini sang buah hati bisa melihat aneka gambar yang sengaja dilukis 3 Dimensi di dinding rumah warga. Si kecil dijamin akan merasa terhibur dengan aneka lukisan yang ada, mulai dari tokoh Hulk, Sopo-Jarwo, Kingkong, dan lainnya. Bunda dan keluarga juga bisa puas-puasin foto-foto di lokasi ini deh.

Kampung Arema

Sesudah meledaknya trend Kampung Warna-Warni Jodipan dan Kampung Tridi, Malang lagi-lagi punya spot asik terbaru nih bernama Kampung Arema. Lagi-lagi Bunda dan keluarga nggak perlu bingung bila ingin mengunjungi spot ini, karena letaknya ada tepat di seberang dua kampung tematik di atas. Dari namanya saja tentu Bunda sudah terbayang kan bagaimana penampakan dari si Kampung Arema? Yak! Kampung ini didominasi dengan warna biru, sesuai dengan warna khas dari klub sepak bola kebanggaan Malang. Kampung yang baru diresmikan di penghujun tahun 2017 ini sampai saat ini sudah sangat ramai dikunjungi para pelancong lho Bunda.

Kampung Putih

Selain punya kampung warna-warni dan kampung biru, Malang juga punya Kampung Putih lho, Bunda. Kalau spot yang satu ini sih letaknya bukan lagi di kawasan Jodipan, melainkan di sisi selatan Rumah Sakit Saiful Anwar. Sesuai dengan namanya, di sini semua rumah dicat dengan menggunakan warna putih yang dipadu padankan dengan atap berwarna abu-abu serta ada sentuhan hijau. Ide dari Kampung Putih ini sendiri ternyata terinspirasi dari White Village yang ada di Spanyol lho. Boleh lah kita berkunjung ke sini dulu sebelum menuju Spanyol ya.

Kampung 1000 Topeng

Nah kalau lokasi yang satu ini cocok banget buat Bunda kalau ingin mengenalkan seputar budaya Malang pada si kecil. Kampung 1000 Topeng ‘Desa Menanti’ ini terletak di Desa Baran, Kelurahan Tlogowaru, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Di sini si kecil bisa belajar banyak soal Topeng Malangan yang nggak bisa dipelajari di lain tempat. Selain itu, kampung ini juga punya fasilitas playground untuk anak yang nggak bakal bikin dia cepet bosen. Tak hanya itu, beberapa wahana kekinian juga bisa ditemukan di sini mulai dari flying fox sampai ayunan angina. Seru banget kan pastinya?

Itu tadi Bunda lima kampung tematiknya Kota Malang yang bisa jadi referensi menghabiskan waktu berakhir pekan bersama keluarga dan pastinya si kecil. Lima lokasi tadi juga tempatnya nggak terlalu sulit ditemukan kok, malah sangat terpampang nyata karena warna-warnanya yang mencolok. Dan kalau lagi wisata kesana, jangan lupa bawa juga camilan Lapis Malang sebagai teman perjalanan ya.

Leave a reply