Saat sang buah hati masih memasuki usia bayi sepertinya mudah sekali ya untuk orang tua menidurkannya. Tapi nih semakin bertambahnya usia si kecil tentu banyak orang tua yang bercerita bahwa semakin sulit untuk mereka mengajak anak untuk tidur siang. Padahal nih, para ahli seudah mengungkapkan bahwa tidur siang sangat dibutuhkan sang buah hati agar mencapai tumbuh kembang yang optimal. Nah kalau Bunda masih pusing nih mencari cara mengajak si kecil tidur siang, yuk cobain tips di bawah ini.

Pilih waktu yang tepat

Karena Bunda adalah orang yang selalu mendampingi si kecil, coba pelajari pola saat dia mulai mengantuk. Misalnya saja bila dia sudah mulai sering menguap atau rewel. Bila sudah seperti itu Bunda bisa langsung ajak sang buah hati menuju kamar tidurnya. Kemudian pada hari selanjutnya coba ajak kembali anak untuk tidur pada jam yang sama. Dengan begitu anak jadi memiliki waktu tidur siang yang konsisten dan mulai terbiasa untuk tidur siang.

Ciptakan suasana yang tenang

Sebelum mengajak anak istirahat siang, pastikan dulu suasana di kamar tidurnya nyaman dan tenang. Jauhkan segala macam hal yang dapat mengganggu tidurnya seperti suara musik dan televisi yang keras, atau juga suara anak-anak yang tengah bermain. Bunda bisa memutarkan alunan music lembut sambil membacakan dongeng pada sang buah hati agar dia mulai mengantuk sampai tertidur.

Bermain sebelum tidur

Bila memang energi si kecil masih sangat maksimal saat waktu tidur siang tiba, coba ajaklah dia untuk bermain. Tapi Bunda harus pilih permainan yang kreatif sebagai bentuk bujukan agar mau tidur siang ya. Misalnya saja Bunda mengajaknya bermain camping di dalam rumah menggunakan tenda sederhana atau mengubah kamarnya menjadi arena kemah. Ketika dia merasa lelah bermain, otomatis dia akan langsung tertidur pulas.

Ajak teman tidurnya

Setelah membuat suasana kamar menjadi tenang, jangan lupa gunakan pencahayaan yang minim juga ya Bunda. Hindari menggunakan penerangan yang terlalu menyala agar anak lebih mudah untuk tidur. Jangan lupa untuk memberikan anak mainan kesayangannya sebagai peneman tidur, seperti boneka atau lainnya. Berikan pula selimut lembut favoritnya agar waktu tidur si kecil lebih bisa berkualitas.

Berikan aktivitas di pagi hari

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan mengajak si kecil berkegiatan aktif di pagi hari. Bunda bisa mengajak sang buah hati berjalan-jalan ke rumah tetangga, berkeliling komplek, atau silaturahmi ke rumah para saudara kok. Pasalnya jika si kecil sudah melakukan banyak aktivitas di pagi hari yang membuat fisiknya lelah, otomatis akan terasa lebih mudah untuk membujuknya tidur siang.

Nah itu tadi Bunda cara yang bisa dipraktekkan agar si kecil tak lagi enggan tidur siang. Yang pasti coba ciptakan suasana tenang dan nyaman di kamar tidurnya serta ajarkan si kecil untuk disiplin waktu tidur. Jangan lupakan juga peran mainan favoritnya sebagai teman tidur ya. Sembari menunggu anak terbagun, Bunda bisa melakukan kegiatan lain di rumah kok. Dan jangan lupa ajakin juga camilan lezat Lapis Malang untuk menemani Bunda ya

Leave a reply