Segala jenis perkembangan si kecil tentu akan menjadi hal yang paling menyenangkan untuk orang tua ya. Bayangkan saja bagaimana bahagianya seorang ibu dan ayah saat tahu anak kesayangannya mulai bisa menyebutkan kata pertamanya. Apalagi kalau si kecil sudah mulai menunjukkan langkah pertamanya ya Bunda. Di bawah ini Lapis Malang ingin berbagi 5 tips untuk Bunda dan suami agar bisa melatih si kecil untuk cepat dapat berjalan.

Latihan berdiri tegak

(sumber gambar: Nova.id)

Yang pertama bisa Bunda biasakan adalah melatih sang buah hati untuk berdiri tegak. Ketika usia anak sudah memasuki 9-10 bulan, bantulah dia berdiri tegak tanpa dipegang selama kurang lebih setengah menit. Kalaulah dia terjatuh, jangan terburu membantunya berdiri kembali. Namun coba mulai dengan motivasi sang buah hati untuk bisa bangkit dan berdiri sendiri. Lakukanlah latihan ini berulang agar anak tercinta terbiasa ya Bunda.

Pegang bagian tangannya

(sumber gambar: ibu-hamil.web.id)

Ketika sang buah hati sudah terbiasa berdiri tegak dalam waktu lumayan lama, coba latih untuk melangkahkan kakinya sambil memegang tangan kecilnya. Peganglah tangannya perlahan, arahkan dia untuk maju langkah demi langkah. Dan jika dirasa sudah memungkinkan, biarkan anak memegang satu tangan Bunda atau suami saat berjalan. Kemudian, jika si kecil mulai lancer berjalan coba leper pegangan tangan Ayah dan Bunda.

Berdiri dalam box

(sumber gambar: womantalk.com)

Cara lain yang bisa Bunda lakukan adalah mengajari si kecil berjalan dari dalam box tidurnya. Coba bantu anak berdiri sambil memegangi bagian dinding atau tepian boxnya. Kemudian, coba Bunda pandu serta bimbing si kecil untuk berjalan perlahan menyusuri box tersebut. Dan ingat, Bunda harus terus mendampingi anak ketika dia berjalan dalam box tersebut serta pastikan juga tempat tersebut aman ya.

Gunakan mainan favoritnya

(sumber gambar: health.liputan6.com)

Nah cara yang satu ini sepertinya sudah sering dilakukan oleh kebanyakan orang tua ya dan nggak ada salahnya juga kalau Bunda ikut mencoba. Triknya cukup mudah, yaitu dengan mengajak si kecil bermain. Ambil satu saja mainan yang paling disukai si kecil kemudian letakkan di posisi tertentu. Setelah itu coba Bunda motivasi sang buah hati untuk mengambil mainan tersebut dengan cara berjalan. Tentunya cara ini bisa dicoba bila si kecil sudah mulai bisa melangkah ya.

Permainan dorongan

(sumber gambar: metro.co.uk)

Kebanyakan anak yang sedang belajar berjalan biasnya senang melakukan aktivitas ‘mendorong’. Oleh karena itu trik ke-empat tadi bisa Bunda akali dengan menggunakan mainan yang bisa didorong seperti halnya mobil-mobilan. Dengan begitu anak bisa belajar menambah langkahnya sambil mendorng mobil tadi dan tentunya dengan cara yang menyenangkan.

Nah itu dia Bunda lima trik yang bisa dicoba dilakukan di rumah bila ingin melatih si kecil untuk cepat bisa berjalan. Dan ingat kalau semuanya tidak ada yang instan ya, jadi lakukan semuanya dengan perlahan dan jangan terlalu memaksakan sang buah hati. Bila aktivitas latihan berjalan dengan anak telah selesai dilakukan, yuk bersantai bersama si kecil. Lengkapi waktu bersantai ini dengan camilan enak Lapis Malang yang bisa Bunda dapatkan salah staunya di outket Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

 

Leave a reply