Melahirkan seorang bayi tentu jadi anugerah yang tak ternilai harganya bagi semua ibu. Apalagi jika melahirkan bayi kembar, tentu rasanya akan sangat menyenangkan sekaligus menantang ya Bunda. Seorang ibu baru mungkin malah akan merasa kebingungan saat merawat bayi kembarnya. Apakah itu terkait dengan cara memandikan, menyusui, dan lain-lainnya pasti akan sangat bingung rasanya bila karena memang belum sama sekali memiliki pengalaman serupa. Oleh karena itu, untuk para ib baru berikut Lapis Malang akan berbagi resep merawat bayi kembar yang pasti sangat menyenangkan.

Disiplin dengan waktu

Seperti yang kita ketahui bahwa merawat satu bayi saja tentu akan sangat menyita waktu, apalagi jika dihadapkan dengan buah hati kembar ya. Apalagi yang namanya bayi baru lahir tentu akan membutuhkan perhatian ekstra. Oleh karena itu coba Bunda buat jadwal khusus misalnya untuk makan dan mandinya. Dengan begini kedua buah hati Bunda sama-sama akan mendapat perhatian yang adil dan sekaligus secara tidak langsung akan mengajarkan mereka beradaptasi serta disiplin dengan jadwal yang dibuat Bunda.

Menyusui di saat bersamaan

Sementara bila sudah memasuki waktunya menyusui, sebenarnya Bunda bisa saja langsung memberikan si kembar ASI di waktu yang bersamaan. Tapi hal tersebut memang butuh koordinasi serta kesabaran yang ekstra ya. Namun bila dirasa menyusui di waktu bersamaan akan sangat sulit, Bunda bisa memberikan ASI secara langsung untuk satu bayi, dan sediakan botol susu agar bayi satunya juga bisa mendapatkan nutrisi dari ASI.

Gunakan satu boks bayi

Untuk bayi kembar, Bunda bisa saja meletakkan mereka dalam satu boks bayi kok. Hal ini otomatis juga akan memudahkan Bunda dan suami saat menidurkan mereka. Tips ini akan jadi cara terbaik bila buah hati Bunda masih bisa tidur nyenyak dan tidak saling mengganggu satu sama lain. Namun bila tiba masanya si kecil sudah mulai saling berguling dan membangunkan kembarannya, itu berarti orang tua harus memisahkan tempat tidur mereka agar waktu tidurnya tidak terganggu.

Persiapkan segala keperluan

Memiliki bayi kembar tentu membuat Bunda dan keluarga haru menyiapkan segala keperluan ekstra ya. Selalu sediakan aneka keperluan penting seperti popok, makanan, dot, dan lainnya di sekitar Bunda agar saat dibutuhkan Bunda tak lagi bingung mencari keberadaanya. Selalu perhatikan stoknya juga ya Bunda, jangan sampai kehabisan saat memang sedang sangat dibutuhkan. Pokoknya Bunda harus pastikan semua siap sedia daripada makin bikin bingung.

Waspadai penyakit menular

Pasti Bunda sudah mendengar banyak cerita mengenai bagaimana bayi kembar akan lebih mudah terserang penyakit serupa bila yang satu mulai jatuh sakit, bukan? Maka dari itu bila satu buah hati Bunda mengalami infeksi menular, maka besar kemungkinan untuk bayi lainnya juga terserang masalah kesehatan yang serupa. Jadi, alangkah lebih baik jika Bunda memisahkan si kembar agar kuman tidak mudah menyebar dan juga untuk mengurangi resiko penularan penyakit pada sang buah hati yang lebih sehat.

Meski pada awalnya mengasuh bayi kembar terkesan membingungkan dan butuh tenaga ekstra, namun jika si kecil sudah mulai tumbuh besar tentu Bunda sudah mulai terbuasa. Dan bukankah akan jadi sangat menyenangkan bila dianugerahkan langsung dua buah hati? Kalau Bunda terkadang sering telat makan dikarenakan terlalu sibuk merawat si kecil, boleh lho sesekali mencuri waktu untuk ngemil jajanan spesial Lapis Malang yang bisa diperoleh di :
1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
6. Giant Sawojajar Lantai 2
7. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply