Mencuci baju selama ini mungkin sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang Bunda lakukan di rumah ya. Namun ketika Bunda dan suami sudah dianugerahi buah hati, tentu aktivitas mencuci baju ini tidak bisa serta merta dilakukan seperti biasa Bunda mencuci baju sendiri ya. Pasti ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membersihkan pakaian si kecil demi kenyamanan serta kebersihannya. Dan di bawah ini Lapis Malang ingin berbagi tips mencuci baju bayi yang bisa Bunda praktekkan di rumah.

Pilih detergen yang sesuai

Penggunaan detergen menjadi satu hal yang harus diperhatikan saat akan membersihkan pakaian si kecil nih Bunda. Karena sebagian bayi berkulit sensitif ada yang memang membutuhkan detergen khusus untuk menghindari reaksi alergi atau eksim. Atau Bunda juga bisa memilih menggunakan detergen cair yang lebih mudah dibilas dibandingkan detergen bubuk. Apalagi penggunaan detergen cair ternyata memperkecil kemungkinan terjadinya resiko iritasi. Apabila Bunda berniat mengganti detergen, cobalah aplikasikan pada satu pakaian terlebih dahulu. Bila tak ada dampak serius, boleh deh dilanjutkan.

Menghilangkan noda pada baju

Saat bayi baru lahir, tentu Bunda akan sering menemukan baju yang penuh dengan noda ASI, susu formula, sampai bekas gumoh si kecil. Belum lagi aneka noda minyak telon maupun krim-krim yang biasa Bunda pakaian sehabis mandi. Dan saat masuk ke dalam fase MPASI, mulailah noda buah dan sayur akan membuat bajunya berwarna. Oleh karena itu, untuk menghilangkan noda susu dan makanan coba rendam baju sang buah hati dengan air dingin dengan menambahkan sedikit detergen. Sementara untuk noda baby oil, bisa dicoba dihilangkan dengan menaburkan sedikit saja tepung maizena pada noda sebelum kemudian didiamkan 10 sampai 15 menit.

Menghilangkan noda kotoran

Cara menghilangkan noda susu maupun baby oil tentu berbeda dengan cara mencuci noda kotoran si kecil. Bila Bunda merendam pakaian dengan noda kotoran tadi dengan campuran detergen dan air, malah ditakutkan noda akan makin menyebar ke seluruh bagian dan malah makin sulit dihilangkan. Cara yang bisa Bunda coba untuk menghilangkan noda seperti itu adalah dengan mencuci bagian kotor menggunakan sabun batang. Coba kucek sampai noda hilang dan kemudian diamkan sebentar saja. Setelah itu barulah Bunda bisa mencucinya seperti biasa menggunakan detergen khusus baju si kecil ya.

Cek ulang suhu air

Banyak juga yang menyarankan untuk mencuci baju si kecil dengan menggunakan air hangat dengan suhu antara 30 – 40 derajat celcius. Namun, bila memang tidak memungkinkan dan dirasa terlalu lama untuk menyiapkan air Bunda masih bisa mencuci dengan suhu normal kok. Kemudian untuk mencucinya sendiri, sebenarnya boleh saja bila ingin menggunakan mesin cuci asalkan petunjuk pencucian pada label pakaian tidak melarangnya. Namun kalau Bunda ingin memastikan setiap sudut bajunya bersih, mencuci menggunakan tangan bisa jadi pilihan terbaik.

Pisahkan popok kain

Nah, mencuci popok kain mungkin harus menggunakan perhatian ekstra ya. Pasalnya popok ini akan selalu digunakan di bagian sensitif bayi. Pilihlah mencuci dengan menggunakan detergen khusus bayi serta air panas. Kemudian jangan lupa bisa popok kain tersebut minimal dua kali agar sisa sabunnya benar-benar hilang. Kalau perlu, Bunda juga bisa memisahkan popok kain ini dengan baju yang lain saat mencucinya.

Itulah tadi lima cara yang bisa Bunda coba saat mulai mencuci pakaian sang buah hati. Memang sih mencuci pakaian ini hal sederhana yang sudah sering Bunda lakukan, tapi berikan perhatian ekstra saat membersihkan baju si kecil ya agar kulitnya tetap terawat. Dan setelah seluruh urusan mencuci baju selesai, yuk bersantai sambil ngemil Lapis Malang.

Leave a reply