Menulis adalah aktivitas yang penting untuk setiap orang. Dengan menulis seseorang bisa mengekspresikan diri mereka, mencatat hal-hal penting, dan lain-lain. Namun mengajari dan melatih si kecil agar mau belajar menulis membutuhkan metode khusus ya Bunda. Melatih si kecil untuk menulis biasanya akan terkendala pada kemauan untuk menulis namun juga kemampuan si kecil untuk memegang pensil maupun pena. Terkadang si kecil belum bisa memegang alat tulis dengan baik yang akhirnya berpengaruh pada motivasi dan keinginan si kecil untuk menulis. Nah berikut 5 tips untuk melatih si kecil agar gemar belajar menulis. Disimak dan dipraktekkan di rumah yuk, Bun!

Membuat Pola Tulisan

freepik.com

Saat si kecil sudah mulai bisa membuat titik maupun garis, selanjutnya arahkan si kecil untuk membuat titik yang membentuk sebuah pola dan berbentuk ya Bunda. Mulai dari pola angka maupun huruf. Dan ajak si kecil untuk menggabungkannya sehingga membentuk angka atau huruf tersebut.

Biarkan Si Kecil Mencoret-Coret Bukunya

freepik.com

Jika ingin si kecil menyukai atau mencintai kebiasaan menulis maka diawal proses belajar jangan pernah bebani si kecil untuk menulis sesuatu yang sulit. Bunda bisa memberikan media menulis seperti buku ataupun buku gambar. Biarkan si kecil mengekspresikan dirinya dengan mencoret-coret buku tersebut. Dengan begitu si kecil akan melatih ketrampilannya dalam memegang alat tulis dan melatih dirinya untuk membuat objek seperti coretan, dan tulisan.

Melatih Si Kecil Memegang Alat Tulis

freepik.com

Mengajarkan si kecil menulis ada baiknya dengan membantunya untuk memegang alat tulis seperti pensil, spidol, dan pena. Dengan begitu si kecil mampu memegang alat tulis dengan baik dan benar. Bisa menepatkan alat tulis diantara ibu jari dan jari telunjuk.

Mewarnai Objek

freepik.com

Menarik minat si kecil untuk menulis juga bisa dilakukan dengan cara memberinya buku untuk mewarna loh, Bun. Bunda bisa memberikan gambar kartun favoritnya. Dengan begini si kecil tidak akan merasa cepat bosan, dan senang untuk belajar menulis.

Bunda dan keluarga juga perlu bersabar dalam mengajari si kecil agar bisa belajar menulis dengan baik. Tak perlu memaksanya atau terlalu terburu-buru, cukup distimulasi dan terus didampingi agar si kecil mampu menulis dengan kemampuannya sendiri. Semoga tips-tips di atas bisa membantu, ya. Dan jika Bunda membutuhkan camilan untuk si kecil Bunda bisa membeli Lapis Malang ya, karena aman untuk si kecil dan aman di kantong harganya.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

  1. Jl.Soekarno Hatta 30 Kav 5
  2. Jl.Kawi Atas No. 43 C
  3. Jl. Danau Toba E4A-13 Kav.2 Sawojajar Malang
  4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari.
  5. Jl.Raya Wendit No. 3
  6. Jl.Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji.
  7. Jl.Diponegoro 171 C, Batu
  8. Jl.Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl.Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl.S. Supriadi 1A, Sukun

Leave a reply