Apa sih yang biasanya Bunda dan keluarga lakukan bersama si kecil di akhir minggu? Untuk orang tua yang sehari-harinya sibuk bekerja memang family time itu penting ya Bunda. Selain untuk semakin merekatkan hubungan kekeluargaan, juga tentunya agar si kecil merasa makin dicinta oleh orang tuanya. Kira-kira apa nih agenda Bunda bersama sang buah hati di malam minggu ini? Kalau memang masih belum terpikirkan nih, berikut ada 5 aktivitas seru yang bisa Bunda lakukan bersama anak di malam minggu.

Siapkan permainan

Permainan yang dimaksud di sini tidak harus dilakukan di luar rumah kok Bunda. Apalagi cuaca sekarang sedang musim hujan ya. Seperti yang kita tahu saat ini sudah ada banyak sekali jenis permainan edukatif untuk anak-anak yang tentunya bisa dengan mudah dimainkan di dalam rumah. Salah satunya Bunda bisa mencoba bermain ular tangga berukuran sebesar karpet. Permainan seperti ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga berguna untuk mengajarkan anak mengenal angka dan lainnya. Bunda juga bisa mencoba aneka permainan tradisional seperti congklak, bola bekel, dan lain-lain.

Menonton film

Siapa bilang nonton film hanya untuk pasangan kekasih saja? Bunda juga bisa kok mengajak anak untuk nonton bersama. Kalau dirasa belum memungkinkan untuk membawanya ke cioskop, gunakan saja DVD di rumah. Pilih film-film yang sekiranya disukai oleh si kecil seperti misalnya film-film kartun atau film tentang pahlawan super. Akan lebih baik juga jika film yang ditonton yak hanya menghibur, tetapi juga syarat akan unsur edukasi.

Menyiapkan makan malam bersama

Aktivitas yang sederhana juga bisa merekatkan keluarga kok Bunda. Coba ajak suami dan si kecil untuk menyiapkan makan malam bersama. Tidak perlu jenis makanan yang sulit, karena yang terpenting di sini adalah kebersamaannya. Bunda dan keluarga bisa saling membantu dan bekerjasama untuk membuat satu makanan terlezat. Setelah itu, tentu lanjut dengan makan malam bersama dong sambil berbincang tentang keseharian.

Membaca buku

Kalau si kecil sehari-harinya terlihat tertarik dengan buku, coba deh siapkan persediaan bacaan menarik kesukaannya. Bunda dan suami bisa bergantian membacakan cerita untuk anak. Boleh juga sambil menggunakan property seperti boneka tangan, atau lainnya. Beri kesempatan juga untuk si kecil mencoba bercerita ya. Usai bercerita, tanyakan juga apa pelajaran yang bisa dipetik dari tiap cerita itu. Hal ini selain bisa menambah kedekatan juga bisa meningkatkan kemampuan anak memahami sebuah cerita.

Jalan-jalan

Kalau Bunda dan suami ingin suasana yang berbeda, ajak saja si kecil untuk jalan-jalan ke luar. Bunda bisa mengunjungi tempat hiburan atau taman yang memang sering digunakan sebagai tempat berkumpulnya para keluarga. Atau bisa juga berkeliling di sekitar rumah sambil mengobrol santai. Usahakan untuk tidak sibuk bermain gadget saat jalan-jalan bersama anak ya, agar dia tidak merasa diabaikan.

Bermain bersama, menonton film, menyiapkan makan malam, membaca buku, dan jalan-jalan merupakan lima aktivitas sederhana yang bisa Bunda lakukan bersama suami dan anak di malam minggu. 5 Hal tadi memang terkesan sangat sederhana, tapi dampaknya tentu akan membuat anak-anak merasa bahagia lho Bund. Dan jangan lupa juga sambil melakukan family time, sajikan pula camilan enak keluarga yaitu Lapis Malang. Penganan ini bisa didapatkan di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang. Selamat bermalam minggu bersama keluarga!

Leave a reply