Musim liburan tentu jadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu hampir seluruh keluarga. Bagaimana tidak, pada saat inilah waktu yang tepat bagi setiap keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. Terutama untuk orang tua yang sehari-harinya telah disibukkan dengan rutinitas di kantor, tentu musim liburan jadi saat tepat untuk quality time bareng si kecil. Nah kalau Bunda dan suami sekarang sedang berandai-andai ingin liburan bersama anak namun dengan budget lebih hemat, cobain deh tips berikut.

Rencanakan jauh-jauh hari

Alangkah lebih bain untuk merencanakan liburan dari jauh hari, karena tentu kita bisa mencari aneka transportasi dengan harga murah. Coba deh Bunda bandingkan tiket perjalanan yang dibeli jauh-jauh hari pasti lebih murah disbanding yang dicari di menit-menit terakhir. Nggak transportasi, harga penginapan juga akan jauh lebih murah jika dipesan jauh sebelum waktu berlibur.

Cari destinasi yang tak terlalu jauh

Liburan hemat juga bisa dilakukan dengan memilih destinasi yang tak terlalu jauh. Kalau misal Bunda dan keluarga tinggal di daerah yang memiliki banyak tempat wisata seperti Malang, Jogja, atau Bandung, coba jelajahi kota sendiri dulu. Dengan begitu akan ada pemangkasan anggaran untuk transportasi dan penginapan, bukan? Bisa tetap senang-senang dengan budget minim deh!

Memangkas anggaran makan

Lovely family picnicking in the park

Kalau untuk anggaran transportasi maupun penginapan sudah beres, saatnya pertimbangkat budget untuk mengisi perut ya Bunda. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan mencari penginapan yang menawarkan sarapan gratis. Selain itu, jika penginapan Bunda memiliki dapur serta kulkas pribadi, bawa saja bahan makanan untuk kemudian dimasak. Bila membawa bekal tidak memungkinkan, cobalah untuk tidak mampir makan di tempat yang ramai turis karena dikhawatirkan harganya tinggi. Tapi tetap utamakan makanan sehat ya untuk si kecil.

Share cost

Cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk menghemat anggaran liburan adalah dengan melakukan share cost. Cobalah berlibur bersama dengan teman maupun keluarga agar pengeluarannya pun bisa dibagi. Misalnya saja saat ingin menyewa mobil untuk mengunjungi destinasi tertentu, biaya sewa tentu bisa dibagi, bukan? Apalagi juga teman ataupun keluarga tersebut juga memiliki anak kecil. Tentu selain biaya bisa dihemat, anak Bunda juga tidak akan bosan diperjalanan karena memiliki teman bermain.

Buat rencana perjalanan

Memang sih liburan dengan penuh spontanitas akan terasa lebih mengejutkan. Tapi kalau Bunda mau berhemat, alangkah lebih baik jika menyiapkan rencana perjalanan atau itinerary. Saat membuat rencana perjalanan, coba kelompokkan beberapa destinasi wisata yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki ataupun yang letaknya satu arah. Dengan begitu Bunda bisa mengunjunginya di hari yang sama. Dan rencana perjalanan yang telah dibuat harus ditaati ya Bunda, agar rencana anggaran juga nggak kelebihan.

Nah gimana Bunda? Sebenarnya bisa-bisa saja kok kalau Bunda dan keluarga ingin merencanakan liburan hemat. Yang penting persiapkan dengan matang, jangan terlalu mendadak, tidak usah memaksakan untuk memilih destinasi yang jauh, dan pangkas anggaran yang bisa diminimalisir. Selain itu kalau Bunda cari camilan yang pas sebagai bekal perjalanan, bawa saja Lapis Malang. Varian rasanya yang beragam dijamin akan jadi favorit keluarga dan si kecil deh. Lapis Malang ini bisa Bunda dapatkan di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang. Selamat berlibur!

 

Leave a reply