Akhir tahun biasanya merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak keluarga. Pasalnya ada banyak hari libur yang pas sekali untuk dihabiskan dengan rekreasi bersama keluarga. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa akhir tahun juga merupakan waktu di mana musim hujan tiba. Bunda pasti sempat bingung kan bagaimana cara aman untuk mengajak anak berlibur meski musim hujan melanda. Nah di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Bunda praktekkan agar liburan di musim hujan bisa tetap hangat.

Mintalah pendapat anak

Nah untuk Bunda yang memiliki anak usia TK mungkin sudah memungkinkan ya untuk ngobrol bersama merencanakan liburan. Meminta pendapat anak dalam merencanakan liburan juga penting lho Bunda karena dengan begitu kalian bisa membuat kesepakatan bersama mengenai apa yang boleh dan tidak boleh si kecil lakukan.

Gunakan jasa agen wisata

Merencanakan perjalanan sendiri memang terasa lebih fleksibel, tapi nih Bund coba sekali-kali gunakan jasa agen wisata apalagi jika bepergian ke tempat baru. Karena nih Bund, pasti akan sedikit ribet bila harus berganti-ganti alat transportasi saat akan mengunjungi destinasi wisata tertentu. Kalau Bunda menggunakan jasa agen wisata tentunya keluarga dan si kecil akan makin nyaman kan jalan-jalannya.

Gunakan pakaian yang nyaman dan hangat

Pastikan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman dipakai serta hangat. Selalu sedia jaket, topi, maupun kaos kaki ya Bund. Kalau biasanya si anak cenderung terlihat lebih leluasa dengan setelan kaos kasual, khusus musim hujan ini kita harus memberikan perlindungan ekstra. Pastikan si kecil selalu merasa hangat agar tidak terserang flu ataupun demam. Karena kalau buah hati kita sakit maka liburan akan jadi kurang menyenangkan ya Bund.

Perlengkapan hujan tak boleh dilupakan

Nah kalau dari segi setelan si kecil sudah merasa nyaman, jangan lupa juga untuk selalu membawa alat tempur seperti payung dan jas hujan ya. Boleh sekalian pilih payung berukuran besar agar seluruh anggota keluarga bisa terlindungi ya. Dan satu hal lagi, selain payung dan jas hujan, pastikan alas kaki yang digunakan tidak licin ya. Baik untuk si kecil dan orang tua, supaya lebih fleksibel saat bermain.

Pilih tempat wisata yang tepat

Kalau biasanya Bunda senang mengajak anak berwisata menikmati keindahan alam di gunung atau pantai, special di musim hujan coba pertimbangkan pilihan wisata lain ya. Agar si anak tetap bisa bersenang-senang saat hujan turun, aneka wisata indoor akan menjadi pilihan terbaik. Bunda bisa memperkenalkan anak dengan museum lho. Si kecil tentu tidak hanya bisa bersenang-senang di museum, tapi juga secara tak langsung belajar banyak hal baru.

Eiiits, satu lagi Bund, jangan lupa bawa obat-obatan ya sebagai pertolongan pertama. Semoga tips di atas bisa membuat liburan keluarga Bunda lebih hangat dan berkesan ya. Tak Cuma hangat karena baju yang digunakan, tetapi juga karena kebersamaan dengan keluarga. Dan juga jangan lupa sediakan juga camilan lezat untuk keluarga seperti salah satunya Lapis Malang. Untuk mendapatkannya, Bunda bisa banget langsung datang ke salah satu outletnya di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang. Selamat menyiapkan liburan, Bunda!

 

Leave a reply