Tidak ada yang lebih menyenangkan bagi orang tua selain melihat sang buah hati bisa tidur nyenyak dan pulas. Apalagi untuk orang tua yang baru dikaruniai si kecil, tentu akan sangat berbahagia bila berhasil menidurkan sang buah hati tanpa harus berdrama ria ya, Bunda. Dan ternyata tidurnya bayi itu punya banyak manfaat lho, terutama untuk perkembangan serta pertumbuhannya. Penasaran apa aja manfaatnya? Berikut Lapis Malang akan berbagi informasi seputar manfaat tidur untuk perkembangan si kecil yang dilansir dari berbagai sumber.

Perkembangan otak

Siapa sangka ternyata intensitas tidur bayi berpengaruh pada perkembangan otaknya. Bila seorang bayi mendapatkan cukup tidur, paling tidak dua kali dalam satu hari (untuk tidur siang dan malam) disebutkan bahwa bagian otaknya akan berkembang lebih baik serta lebih cepat. Tidak heran bila selanjutnya banyak yang berargumen bahwa semakin banyak atau semakin sering bayi tertidur maka semakin cerdas pula dia nantinya. Lebih lanjut, sebuah studi menuturkan bahwa saat bayi tertidur pulas, saat itu pula sebagian perkembangan dalam tubuhnya sedang berlangsung.

Meningkatkan sistem imun

Intensitas serta kualitas tidur bayi tentu sangat berpengaruh dengan kondisi kesehatannya ya, Bunda. Bila sang buah hati mendapatkan tidur yang cukup, otomatis sistem kekebalan tubuhnya juga akan meningkat. Dan meningkatnya sistem kekebalan tubuh ini sangat berguna untuk menghalau berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, di sini orang tua akan sangat berperan untuk memastikan apakah buah hati kesayangannya sudah mendapatkan tidur yang cukup berkualitas atau belum.

Pertumbuhan si kecil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tidur cukup untuk bayi sangat mempengaruhi pertumbuhannya. Para ahli mengungkapkan bahwa seorang bayi sangat membutuhkan tidur yang cukup serta berkualitas demi membantunya tumbuh dengan baik. Ketika dia tertidur, sekresi hormon pertumbuhan dalam tubuh memungkinkannya untuh tumbuh dan juga sehat. Oleh karena itu tidur dengan cukup sangat dibutuhkan apalagi untuk bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Memperbaiki mood

Bunda pasti sudah mengerti bahwa cara termudah untuk membuat tubuh menjadi rileks adalah dengan istirahat dan tidur. Dan tentu saja hal ini juga berlaku bagi para bayi, Bund. Semakin baik kualitas serta intensitasnya maka tubuh sang buah hati otomatis juga akan menjadi rileks. Bila demikian maka si kecil kesayangan akan lebih gemar tertawa dan tersenyum. Pastinya juga diharapkan dia akan jarang menangis.

Pertumbuhan sistem syaraf

Untuk bayi yang baru lahir, tentu tidur yang cukup akan jadi hal wajib. Pasalnya menurut para ahli bila seorang bayi yang baru lahir mendapatkan waktu tidur cukup dan berkualitas maka sistem syaraf pusatnya akan berkembang dengan baik bila dibandingkan dengan anak yang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Siapa sangka ternyata tidur jadi satu aktivitas penting untuk si kecil karena memiliki banyak manfaat super krusial ya, Bunda. Oleh karena itu pastikan si kecil mendapat cukup waktu untuk tidur, dan pastikan juga tidurnya berkualitas ya Bunda. Dan sembari menunggui sang buah hati yang tertidur, Bunda bias ngemil-ngemil nih untuk penunda lapar. Camilan pilihan tentu saja Lapis Malang ya, yang bias diperoleh di salah satu outletnya di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Giant Sawojajar Lantai 2
  7. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply