Banyak sekali cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengekspresikan rasa sayangnya pada sang buah hati. Dan tentu salah satunya adalah dengan menggendong si kecil. Urusan gendong menggendong mungkin dianggap hal biasa bahkan kewajiban semua orang tua ya, Bunda. Namun siapa sangka ternyata kegiatan yang satu ini punya manfaat cukup besar baik untuk ibu maupun sang buah hati. Dan berikut ini ada 5 manfaat menggendong bayi yang perlu Bunda ketahui

Jadi lebih sehat

Ketika orang tua menggendong si kecil tentu akan terjadi kontak fisik antar keduanya. Hal inilah yang kemudian membantu si kecil untuk menyesuaikan suhu tubuh serta mengatur pernapasannya. Pada saat anak menempel pada dada sang ibu, dia dapat mendengarkan suara detak jantung yang kemudian membuat si kecil menjadi lebih tenang. Dan lagi, hal ini akan sangta membantu untuk merawat bayi prematur.

Memberikan kenyamanan

young mother breast feeding her baby girl in garden

Menggendong si kecil tentu akan memberikan kenyamanan ekstra untuk sang Bunda saat akan melakukan aktivitas lainnya. Menggunakan gendongan dirasa lebih membuat orang tua dapat bergerak dengan leluasa dibanding bila meletakkan bayi di stroller. Saat sang buah hati sudah dalam gendongan, Bunda bisa melakukan aktivitas lain misalnya saja menyelesaikan pekerjaan rumah atau mengasuh sang kakak.

Berbagi kebahagiaan

Seperti yang tadi disebutkan bahwa salah satu cara orang tua berbagi kebahagiaan dengan si kecil adalah dengan cara menggendongnya. Selama dalam gendongan papa mama tercinta, si kecil cenderung akan merasa lebih tenang. Berada dalam gendongan juga akan membuatnya tidak lagi mudah rewel maupun menangis. Bahkan si kecil juga bisa tidur nyenyak lebih cepat loh Bunda, bila dibandingkan saat diletakkan di kasur.

Interaksi akan terjaga

Menurut para ahli, orang tua yang sering menggendong si kecil akan lebih mudah mengenali tanda-tanda apa yang diinginkan bayi. Apakah itu bila si kecil mulai mengantuk, kehausan, sampai waktunya ganti popok. Si kecil juga akan merasa lebih percaya serta yakin ketika digendong orang tuanya. Hal seperti itulah yang nantinya akan membangun chemistry atau interaksi baik antara orang tua dan sang buah hati.

Hubungan terjalin semakin dekat

Sama halnya seperti pelukan, gendongan yang Bunda lakukan merupakan salah satu cara ampuh membangun kedekatan dengan sang buah hati. Saat digendong, bayi akan mulai familiar dengan sentuhan, suara, ekspresi wajah, gerakan, dan pastinya detak jantung ibunya. Dengan begitu bonding antara ibu dan anak akan terjalin secara alami.

Nah gimana Bunda? Ternyata ada banyak manfaat yang bisa Bunda dan si kecil dapatkan hanya dengan cara menggendongnya loh. Jadi mulai sekarang jangan capet untuk menimang-nimang sang buah hati dalam pelukan yah. Dan saat menggendong, boleh kok jika Bunda sekaligus ngemil Lapis Malang. Penganan enak ini bisa diperoleh di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

 

 

Leave a reply