Memijat bayi sepertinya menjadi satu keharusan untuk Ibu yang dianjurkan oleh para orang tua. Meski demikian nampaknya beberapa ibu juga masih bertanya-tanya sebenarnya apa sih manfaat dari pijat bayi ini. Karena bukankan pijatan itu seharusnya diberikan bila seseorang merasa lelah. Lalu bagaimana dengan si kecil? Kalau Bunda juga masih bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat dari pijatan ini, berikut Lapis Malang unya ulasannya.

Meningkatkan kekebalan tubuh

(sumber foto: Vemale.com )

Siapa sangka kalau bayi yang secara rutin mendapatkan pijatan hormonnya akan menjadi semakin kuat serta sistem pencernaannya juga terjaga. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap bayi berusia 10 minggu, ternyata mereka yang mendapat pijatan pada bagian punggung secara rutin terbukti jarang terkena flu serta mengalami diare. Cukup penting juga ya ternyata Bunda pijatan pada bagian punggung sang buah hati.

Membantu pernafasan si kecil

(sumber foto: pondokibu.com )

Kebanyakan bayi yang baru lahir biasanya memiliki pola menghirup serta mengeluarkan udara masih belum begitu lancar. Oleh karena itu, memberikan pijatan secara tidak langsung bisa membantu sang buah hati bernafas secara teratur. Pasalnya saat dipijat, interaksi yang secara langsung akan terjadi melibatkan kulit. Dan kulit adalan satu organ tubuh manusia yang kaya akan syaraf dan bisa turut membantu.

Anak lebih sehat

(sumber foto: Emaksuper.com)

Sentuhan lembut yang diberikan untuk sang buah hati melalui pijatan tentu akan membuat tubuhnya lebih rileks dan lebih bisa tidur nyenyak setelahnya. Bila sang buah hati bisa tidur dalam waktu yang cukup tentu kesehatannya juga lebih optimal, hal itu juga kemudian membuat nafsu makannya semakin baik dan pencernaan yang lebih lancer.

Stimulasi hormon pertumbuhan

(sumber foto: SolusiSehatku.com )

Manfaat pijat bayi yang keempat adalah dapat menstimulasi hormon pertumbuhannya. Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Touch Research Institute, Universitas Miami menyatakan bahwa pada bayi prematur yang dalam sehari sebanyak tiga kali dipijat selama 15 menit, berat badannya akan perlahan naik sampai 52% dalam waktu 5 hari dibanding mereka yang tidak menerima pijatan.

Stimulasi perkembangan otak

(sumber foto: parenting.co.id )

Saat memijat tentu Bunda akan menyentu beberapa bagian tubuh sang buah hati. Dan sedikit sentuhan yang Bunda berikan pada bagian wajah, dada, tangan, serta kaki akan membuat otaknya bekerja merasakan sensasi sentuhan yang berbeda-beda. Dan kemudian itulah yang akan membuat perkembangan otak sang buah hati dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, ibu yang secara rutin memijat sang buat hati akan semakin mempererat ikatan batinnya. Si kecil akan merasa lebih nyaman jika sudah mulai disentuh oleh sang ibu tentunya. Jadi Bunda, jangan pernah lelah memberikan pijatan untuk si kecil ya. Bila waktu memijat dirasa cukup, yuk saatnya bersantai. Jangan lupa sertakan juga camilan aceka rasa Lapis Malang agar suasana makin hangat. Jajanan ini bisa Bunda dapat di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply