Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebaik-baiknya asupan nutrisi untuk bayi adalah Air Susu Ibu atau ASI. Pemberian ASI ini tentu saja sudah terbukti memiliki banyak manfaat dan sangat disarankan oleh para ahli kesehatan. Meski demikian, sampai saat ini tak jarang ada beberapa orang tua yang masih bertanya-tanya dan membandingkan ASI dengan susu formula. Daripada semakin bingung, berikup Lapis Malang akan mengulas 5 manfaat pemberian ASI eksklusif untuk sang buah hati.

Membuat anak lebih cerdas

Sudah banyak yang berkata bahwa ASI sama saja seperti bibit yang diberikan untuk anak agar menjadi lebih cerdas. Sementara para ahli beranggapan bahwa asam lemak yang terkandung dalam ASI memiliki peranan cukup penting untuk kecerdasan otak si kecil. Tak hanya itu, hubungan emosional yang terjalin dan terjadi selama proses penyusui antara ibu dan anak bisa jadi juga memberi kontribusi terhadap hal tersebut.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi

ASI ternyata mengandung zat antibody yang dapat membantu melawan aneka virus serta bakteri. Hal tersebut memperkecil kemungkinan sang buah hati terserang berbagai penyakit seperti konstipasi, diare, infeksi saluran pernapasan, meningitis, diabetes tipe 2, serta infeksi telinga. Tak hanya itu, antibodi dari sang ibu juga akan melindungi si kecil dari eksim, alergi, sampai serangan asma.

Memperkuat tulang

Semua pasti sudah mengerti ya bahwa susu merupakan satu nutrisi yang akan membantu proses pembentukan serta penguatan tulang. Dan tentu saja ASI juga menawarkan manfaat tersebut, Bunda. Menurut ahli, bayi yang telah diberikan ASI selama tiga bulan dan lebih, bagian tulang leher serta tulang belakangnya akan menjadi lebih kuat bila dibanding anak yang tidak mendapat ASI sama sekali atau kurang dari tiga bulan.

Berat badan ideal

Memberikan ASI pada sang buah hati akan memungkinkannya untuk tumbuh dengan berat badan yang normal. Menurut para ahli, ASI memiliki kandungan insulin yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan susu formula. Karena insulin dapat memicu pembentukan lemak, maka ASI tidak akan terlalu banyak memicu pembentukan lemak si kecil. Tak hanya itu, sang buah hati juga akan memiliki hormon yang berperan untuk mengatur metabolism lemak dan nafsu makan lebih banyak lagi.

Mendapat kolesterol

Bunda semua mungkin setuju ya bahwa kolesterol merupakan asupan yang kurang baik untuk kita. Namun ternyata hal tersebut tidak berlaku untuk si kecil. Ternyata bayi membutuhkan asupan kolesterol untuk menunjang tumbuh kembangnya. Untuk memberikan kolesterol dengan takaran tepat, cukup beri si kecil ASI yang memang mengandung kolesterol.

Ternyata ASI tak hanya bisa mempererat hubungan ibu dan anak saja ya Bunda, tetapi juga mampu memberikan manfaat super penting seperti di atas. Oleh karena itu Bunda, semoga penjelasan di atas bisa sedikit mencerahkan ya. Yang pasti manfaatkan dengan baik setiap detik waktu bersama sang buah hati tercinta untuk melakukan banyak hal. Jangan lupa sertakan juga camilan manis Lapis Malang sebagai teman Bunda yak. Lapis Malang ini bisa Bunda peroleh di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply