Buah kiwi adalah salah satu buah import yang kini juga banyak dijual di Indonesia ya bunda. Orang-orang pun jadi lebih mudah mendapatkan buah yang segar ini. Tahukah bunda, dibalik rasanya yang asam dan manis ini, ternyata buah kiwi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Baik untuk orang dewasa, maupun untuk anak-anak. Berikut ini Lapis Malang akan membahas beberapa manfaat kiwi untuk kesehatan anak, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk bunda langsung simak manfaat-manfaatnya berikut.

Memperlancar Pencernaan

pixabay.com

Banyak yang tidak tahu kalau buah kiwi mengandung enzim acrtinidain. Enzim ini berfungsi untuk membantu melancarkan sistem saluran pencernaan loh bunda. Selain itu, kandungan kiwi juga berfungsi sebagai pencahar alami dan juga meredakan irritable bowel syndrome. Ketika si kecil mengalami sembelit, yuk berikan potongan buah kiwi yang segar setiap hari sampai kondisinya pulih.

Tidur Jadi Lebih Nyenyak

pixabay.com

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Taiwan Taipei Medical University, partisipan yang diberikan buah kiwi sebelum waktu tidur ternyata lebih cepat terlelap dan durasi tidurnya lebih panjang nih bunda. Meskipun alasannya belum diketahui secara pasti, banyak peneliti yang menduga jika hal tersebut bisa terjadi karena kandungan serotonin dan juga antioksidan. Kalau buah hati bunda sering kali susah tidur, ciba berikan buah kiwi kepadanya yuk bun.

Menjaga Kesehatan Mata

pixabay.com

Banyak yang mengetahui kalau wortel lah yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Padahal salah satu manfaat kiwi adalah menjaga kesehatan mata loh bunda. Hal ini disebabkan karena buah kiwi mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini berperan penting dalam menjaga kesehatan mata nih bun.

Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

pixabay.com

Buah kiwi rasanya memang asam, tetapi sebenaranya, buah ini bersifat basa alami.Yang artinya dengan memakan buah kiwi, tubuh si kecil juga terbantu menyeimbangkan kadar pH tubuhnya. Hal itu bisa membuat si kecil tetap aktif, enerjik, dan juga memiliki kulit yang sehat. Selain itu, kiwi mengandung vitamin C dan E, yang bisa membantu menangkal radikal bebas. Sehingga rambut dan juga kulit si kecil tetap terjaga kesehatannya.

Memperlancar Pernafasan

pixabay.com

Manfaat kiwi selanjutnya adalah memperlancar pernafasan. Jika buah hati bunda memiliki masalah pernafasan seperti sesak nafas, berilah buah kiwi kepadanya setiap hari. Memberikan buah kiwi setiap hari, bisa mencegah sekaligus meredakan kondisinya dari sesak nafas. Hal ini disebabkan karena, kiwi mengandung vitamin c yang tinggi dan bisa meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi peradangan pada saluran napas. Dengan begitu, resiko terjadinya sesak napas dan batuk di malam hari bisa dikurangi secara signifikan.

Demikian bunda 5 manfaat kiwi untuk kesehatan si kecil. Meskipun manfaatnya banyak, pemberian buah kiwi dalam porsi yang banyak untuk perut si kecil yang sensitif, ia bisa mengalami alergi, dan juga diare. Sebaiknya, bunda baru memperkenalkan buah kiwi setelah usianya lebih dari 1 tahun dan dalam porsi kecil.

 

Leave a reply