Anak yang berusia di bawah tiga tahun belum memiliki keseimbangan yang baik ya Bunda. Itulah mengapa ketika berjalan maupun berlari mereka masih sering terjatuh. Untuk melatih keseimbangan si kecil Bunda harus extra sabar dan telaten, dikarenakan melatih keseimbangan sama halnya dengan melakukan koordinasi antara organ gerak agar semakin optimal. Dengan mengajak si kecil bermain dan beraktivitas itu dapat menstimulasi perkembangan keseimbangan tubuhnya ya, Bun. Nah berikut 5 mainan yang dapat melatih kekuatan dan keseimbangan tubuh si kecil! Yuk disimak, Bun..

Hanging On Bar

freepik.com

Dengan bermain hanging bar si kecil dapat menambah tinggi badannya juga loh, Bun. Bukan hanya itu gerakan hanging bar salah satunya adalah bergelantung pada sebuah benda kemudia menarik badan ke arah atas sehingga posisi kepala lebih tinggi daripada alat yang digunakan untuk bergelantung. Terbiasa mengangkat beban tubuh bisa membuat anak juga belajar untuk menyeimbangankan tubuhnya loh.

Climbing Rope

freepik.com

Melakukan olahraga memanjat memberikan dampak yang sangat positif bagi si kecil , secara fisik olahraga memanjat adalah olahraga yang berat dan melibatkan semua organ tubuh, oleh karena itu sangat baik untuk kinerja jantung serta sangat efektif membakar kalori. Dengan sering memanjat akan membuat kekuatan otot, daya tahan serta kelenturan tubuh si kecil meningkat Bunda.

Climbing Wall

freepik.com

Olahraga panjat tebing sangat cocok dilakukan oleh si kecil yang berperilaku aktif ya Bunda. Olahraga tersebut dapat mengajarkan konsentrasi, stamina serta keberanian.  Hal ini ternyata tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah, tapi juga bisa dilakukan di dalam rumah. Jadi Bunda dan keluarga bisa membuat dinding ini di rumah agar si kecil juga bisa melatih kekuatan serta keseimbangannya.

Monkey Bar

freepik.com

Permainan ini akan baik untuk si kecil ya Bunda karena akan melatih kekuatan otot telapak tangan, lengan dan perut yang digunakan untuk menahan bobot tubuhnya. Dimana si kecil harus kuat bergelantungan hingga palang paling akhir. Si kecil juga belajar untuk mengatur nafasnya sehingga membuatnya bisa bertahan dan menyelesaikan permainan ini.

Spiral Pole

freepik.com

memanjat dan menggantung memang salah satu permainan yang sangat disukai si kecil. Begitu pula dengan permainan yang satu ini ya Bun. Jadi jangan ragu jika si kecil memainkannya. Namun Bunda juga harus tetap mengawasi si kecil saat memainkannya. Dengan begitu si kecil juga tidak takut untuk melakukannya dan melatih keseimbangannya.

Bunda dan keluarga juga perlu bersabar dalam melatih keseimbangan si kecil. Tak perlu memaksanya atau terlalu terburu-buru, cukup biarkan si kecil bermain dengan bebas dengan terus didampingi agar si kecil mampu  melatih keseimbangan kemampuannya sendiri. Semoga beberapa saran mainan di atas bisa membantu, ya. Dan jika Bunda membutuhkan camilan untuk si kecil Bunda bisa membeli Lapis Malang ya, karena aman untuk si kecil dan aman di kantong harganya.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

  1. Jl.Soekarno Hatta 30 Kav 5
  2. Jl.Kawi Atas No. 43 C
  3. Jl. Danau Toba E4A-13 Kav.2 Sawojajar Malang
  4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari.
  5. Jl.Raya Wendit No. 3
  6. Jl.Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji.
  7. Jl.Diponegoro 171 C, Batu
  8. Jl.Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl.Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl.S. Supriadi 1A, Sukun

Leave a reply