Dalam setiap menu makanan setiap harinya, selalu tersaji lauk pauk dan sayur mayur ya bunda. Tetapi sayur mayur jarang dipilih oleh si kecil karena penampilannya yang kurang menarik. Padahal sayuran memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Nah kalau misalnya hal nii terjadi secara terus-menerus, pasti bisa membuat bunda pusing dan kesal. Lapis Malang punya beberapa trik jitu agar si kecil doyan makan sayur nih, langsung ikuti cara-cara berikut yuk bunda:

Berikan Sayuran Sejak Dini

cantik.tempo.co

Langkah pertama agar si kecil menyukai sayuran adalah, dengan membiasakan mereka makan sayuran sejak dini. Tepatnya saat mereka sudah mulai mengkonsumsi MPASI mulai umur 6 bulan. Bunda bisa membiasakan menyajikan sayuran untuk anak-anak sebagai makan siang dan makan malam sampai ia beranjak besar. Supaya si kecil tidak bosan, sajikan berbagai macam sayuran yang berbeda-beda setiap harinya.

Biarkan Si Kecil Memilih Sayuran Sendiri

JIka bunda belum berhasil mengkonsumsi sayuran dalam berbagai kesempatan, bunda bisa menawarkan beberapa macam sayuran lainnya yang banyak mengandung gizi, seperti wortel, bayam, sawi, kacang panjang, brokoli, kangkung, jamur dan lain sebagainya. Jangan lupa berikan si kecil panduan untuk memilih sayuran yang cocok untuk menu makanannya, dan biarkan ia yang menentukan. Cara lainnya, bunda juga bisa meminta mereka memilih salah satu sayuran baru sebagai menu makanan yang dikonsumsi bersama keluarga. Langkah ini bisa bermanfaat untuk mengubah pola makan yang sehat untuk seluruh anggota keluarga.

Tidak Menyembunyikan Sayuran dalam Menunya

femalesia.com

Salah satu cara agar si kecil mau makan sayur adalah dengan meneymbunyikannya di dalam makanan lain, seperti telur dadar. Akan tetapi cara ini tidak selalu berhasil loh bunda, soalnya si kecil perlu diperkenalkan sayuran dalam bentuk dan rasa yang asli, bukan menyembunyikannya ke dalam makanan lain. Hal ini juga bisa menyebabkan si kecil kehilangan kepecayaannya terhadap makanan dan juga menyebabkan si kecil hanya mau makan sayur jika disembunyikan di dalam makanan lain. Oleh karena itu, jangan menyembunyikan sayuran dalam lauk makannya ya bunda.

Memasak Bersama si Kecil

blog.tazemasa.com

Salah satu cara agar si kecil menyukai sayuran adalah, dengan mengajaknya memasak bersama. Dengan cara ini, si kecil juga berlatih untuk mengasah tanggung jawabnya dan melatih kemandiriannya. Jangan lupa memperkenalkan manfaat tiap sayuran saat memasak bersama ya bunda. Jika cara ini berhasil jangan lupa juga untuk memuji usahanya, hal ini bisa bermanfaat untuk bersemangat menyantap sayuran yang bunda masak bersamanya.

Menanam Sayuran Sendiri di Rumah

wildansuhartini.wordpress.com

Agar si kecil makin doyan sayuran, bunda bisa membuat kebun sayuran mini di rumah. Untuk membuatnya, ajak si kecil ikut dengan cara untuk memintanya mempersiapkan pot-pot tanah, menyemai bijinya, menyiramnya, hingga memanennya. Jangan lupa pilih sayuran yang mudah ditanam dan disukai si kecil misalnya, wortel, tomat, bayam, sawi, dan kangkung.

Nah itu tadi bun trik-trik jitu untuk mengatasi si kecil yang tidak suka sayuran, gunakan trik-trik tersebut secara rutin ya. Jika bunda berhasil membuat si kecil menyukai sayuran, boleh dong bunda memberikan ia hadiah Lapis Malang sebagai camilannya. Kue lapis kekinian yang harganya terjangkau ini, bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan\
  6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  7. Jl. Pahlwan Timur No. 277, Tumpang
  8. Giant Sawojajar Lantai 2
  9. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

 

Leave a reply