Sebagai orang tua pastinya ingin memiliki buah hati yang sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat ya bunda. Di usianya yang semakin aktif, bunda harus menjaga kesehatannya dengan ekstra, agar ia tetap sehat dan ceria. Mengingat ketertarikannya pada objek semakin meningkat, tak jarang, si kecil selalu menyentuh benda yang menarik perhatiannya ya bun. Bahkan sampai memasukannya ke mulutnya. Berikut ini Lapis Malang akan membahas 5 kunci utama untuk memperkuat daya tahan tubuh sang buah hati.

ASI

pixabay.com

ASI atau Air Susu Ibu, mengandung banyak nutirisi penting untuk tumbuh kembang sang buah hati. yaitu protein, gula dan juga lemak. Selain itu ada kandungan antibodi, enzim dan juga sel-sel darah putih yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang anak. Antibodi memiliki peran untuk melawan bibit penyakit dengan cepat. Jadi saat kadar antibodi di tubuh si kecil baik, ia akan terlindung dari resiko berbagai macam penyakit. Usahakan untuk memberi ASI ekslusif untuk buah hati bunda ya.

 

Imunisasi

Imunisasi merupakan program pemberian vaksin ke dalam tubuh anak untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit. Pada usia 1-2 tahun, si Kecil wajib melakukan imunisasi polio, DPT ulangan, MMR (measles, mumps, dan rubella), tifoid, hepatitis A, influenza, varisela, dan pneumokokus nih bunda.  Vaksin yang diberikan saat imunisasi mengandung zat yang merangsang sistem imun, terutama dalam menghasilkan antibodi. Nah zat ini bertugas untuk membantu sistem kekebalan tubuh si Kecil mengenali bibit penyakit dan belajar untuk melawannya. Oleh karena itu, pastikan si kecil mendapat imunisasi secara lengkap ya bunda.

Kebutuhan Nutrisi Tercukupi

hellosehat.com

Salah satu faktor penentu kuatnya sistem imun adalah nutrisi. Oleh karena itu selalu pastikan kebutuhan nutrisi buah hati bunda selalu terpenuhi ya bun. Ketika kebutuhan nutrisinya terpenuhi, sistem imunnya akan bekerja secara optimal. Kemudian beragam senyawa alami pada tubuh yang bertugas merespon infeksi, seperti Sitokin, diproduksi dalam jumlah yang mencukupi. Contoh makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah, yoghurt, bayam, brokoli, semangka, sup ayam, bawang putih dan kayu manis.

Tidur yang Cukup

pixabay.com

Ternyata tidur yang cukup sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil loh bunda. Karena tidur yang cukup bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Di usia 1-3 tahun, si Kecil membutuhkan tidur setidaknya 10 -13 jam per hari, termasuk tidur siang selama 1-3 jam. Agar sistem imunnya kuat, jangan lupa memastikan agar kebutuhan tidurnya terpenuhi ya bunda. Baik  kualitas dan kuantitas tidur yang baik guna tumbuh kembangnya yang optimal.

Kebersihan

menjaga kebersihan
blog.schoolspecialty.com

Saat si kecil sedang aktif-aktifnya, rasa penasarannya semakin meningkat dan punya keinginan besar untuk mengeksplor apapun yang ada di sekitarnya. Jadi jangan heran ya bunda jika ia gemar bermain tanah, air dan juga objek lainnya. Akan tetapi, jangan sampai aktivitas eksplorasi ini membuatnya jatuh sakit karena teinfeksi bakteri atau virus. Salah satu hal yang bisa mencegah hal tersebut adalah dengan mengajarinya mencuci tangan dan kaki menggunakan sabun dan air mengalir. Hal ini diutamakan dilakukan sebelum makan dan sebelum tidur.

Demikian bunda lima kunci utama memperkuat daya tahan tubuh sang buah hati. Jika si kecil sehat, pastinya bunda senang dan bisa tenang dong ya. Oh ya, jika bunda membutuhkan camilan saat santai di rumah, Lapis Malang bisa jadi pilihannya. Camilan terjangkau ini bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Tumenggung Suryo No. 76 A
  7. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  8. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  9. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  10. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  11. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  12. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing

 

 

Leave a reply