Mengenalkan anak pada alam sangat perlu dilakukan sejak usianya masih dini. Hal tersebut bisa berguna agar anak bisa mencitai alam dan menjaga lingkungan di sekitarnya dengan baik. Akan tetapi, jika bunda dan keluarga tinggal di daerah perkotaan, sepertinya agak kesulitan untuk mengenalkan anak pada alam ya. Pasalnya, bayangan hamparan sawah hijau yang menyejukkan tergantikan oleh bangunan-bangunan pencakar langitTentunya hal tersebut bukan menjadi penghalang agar sang buah hati kenal dan bisa mencitai alam loh bunda. Berikut ini Lapis Malang punya beberapa cara sederhana mengenalkan anak pada alam yang dirangkum dari berbagi sumber.

Berkebun

pixabay.com

Salah satu contoh sederhana mengenalkan anak pada alam adalah berkebun. Cara ini cukup asyik loh bunda. Selain anak mengenal jenis tumbuhan di alam, si kecil juga bisa berinteraksi langsung dengan tanah, tumbuhan, dan air. Berkebun juga dapat melatih kemampuan motorik dasar pada anak yang melatih anak menanam tanaman, menggali tanah, dan menyirami tanaman dengan air. Bunda bisa mengajak si kecil untuk berkebun di teras atau belakang rumah. Jika ingin mudah, bunda bisa menggunakan media polybag yang tidak memakan banyak tempat.

Ajak Bergabung Dalam Komunitas Menanam Pohon

Foto: Thinkstock

Anak-anak pasti akan merasa sangat senang jika belajar mencintai alam bersama teman-teman seusianya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika bunda mengajaknya untuk bergabung dalam komunitas menanam pohon. Atau bunda sendiri juga bisa membuat komunitas tersebut dengan mengajak tetangga atau teman-temannya di sekolah.  Secara bergilir di setiap rumah, akan ditanami tanaman obat, buah atau sayur-sayuran. Selain mengajarkan untuk mencintai lingkungan, anak juga belajar menghemat uang karena tak perlu membeli sayuran di toko bahkan lebih sehat.

Sekolah Alam

pixabay.com

Mengikutsertakan sang buah hati dalam sekolah alam juga termasuk alternatif pendidikan yang memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran loh bun.  Ciri khas sekolah alam ini, anak bisa lebih banyak belajar di alam terbuka dan tidak terbatas pada metode pembelajaran kelas.. Dengan belajar secara langsung, si kecil akan lebih bersemangat lagi dan proses belajar akan terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Mengikuti sekolah alam juga bisa membuat kepribadian si kecil terbentuk lebih baik loh bunda.

Outbond

rainbow-outbound.com

Cara populer untuk mengenalkan anak pada alam adalah dengan kegiatan outbond. Selain populer, cara ini juga sangat menyenangkan ya bunda. Selain melatih kemampuan motorik, melakukan outbond bersama-sama akan meningkatkan keterampilan anak, mengajarkan anak tentang kekompakan dan juga kerja sama. Serta menumbuhkan rasa percaya diri untuk tumbuh kembangnya. Biasanya, area-area outbond berada di tempat wisata atau berlokasi dengan alam langsung. Misalnya, aliran sungai, persawahan, hutan pinus atau pantai.

Berkemah

auspost.com.au

Cara sederhana lainnya yang juga seru adalah dengan mengajak sang buah hati untuk berkemah bersama. Ada banyak lokasi di alam yang menyediakan fasilitas untuk berkemah keluarga loh bunda, dan bunda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Berkemah memiliki segudang manfaat positif untuk membentuk karakter anak loh bun. Selain agar si kecil bisa mengenal dan mencintai alam, berkemah juga bisa melatihnya untuk beradptasi dan juga menyelesaikan masalah. Sebelum mengajak si kecil berkemah di alam bebas, bunda juga bisa mengajaknya terlebih dahulu untuk berkemah di sekitar rumah.

Nah demikian bunda cara-cara sederhana mengenalkan anak pada alam. Jika si kecil sudah mengenal alam lalu mulai mencintainya, hatinya akan tergerak untuk menjaga lingkungan sekitarnya dengan baik. Saat si kecil memiliki kegiatan-kegiatan mengenal alam seperti di atas, jangan lupa bawakan dia bekal yang praktis dan juga lezat. Apalagi kalau bukan Lapis Malang. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di:

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing
  12. Giant Sawojajar Lantai 2

 

 

Leave a reply