Salah satu tantangan yang terkadang membuat para ibu deg-deg an saat merawat sang buah hati mungkin adalah ketika harus menggunting kukunya. Mengingat jari-jemari bayi yang memang masih sangat mungil sehingga membuat kita perlu ekstra hati-hati ya, Bunda. Maka dari itu berikut kami akan berbagi tips menggunting kuku bayi dengan aman yang bisa langsung Bunda praktekkan di rumah bersama si kecil kesayangan.

Gunakan gunting kuku khusus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa seorang bayi memiliki ukuran jari yang masih terlampau mungil. Oleh karena itu akan lebih baik bila tidak menggunting kukunya dengan menggunakan alat pemotong kuku kita ya, Bunda. Carilah penggunting kuku khusus bayi yang memang sengaja didesain menyesuaikan bentuk kuku dan ukuran jemarinya ya Bunda.

Lakukan seusai mandi

Banyak yang menyarankan untuk memotong kuku bayi sesudah memandikannya. Hal tersebut tidak lain dikarenakan seusai mandi kondisi kuku bayi akan menjadi lunak setelah terkena air. Dan kuku yang lunak itulah yang kemudian akan terasa lebih mudah untuk dipotong. Selain itu, Bunda juga bisa mengguntingnya ketika ia tertidur sebab si kecil tidak akan banyak bergerak. Dan tentu saja hal tersebut akan jauh lebih memudahkan.

Membersihkan kotoran dahulu

Sebelum menggunting kuku si kecil, alangkah lebih baiknya jika Bunda memeriksa apakah aa kotoran yang terselip di dalam kukunya. Jika memang ada, cobalah untuk membersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi. Dengan demikian Bunda sudah tak perlu lagi membersihkan kotorannya seusai kuku tergunting.

Jangan menggunting terlalu dalam

Hal lain yang perlu Bunda perhatikan ketika menggunting kuku si kecil adalah untuk tidak memotongnya terlalu dalam. Memang sih ada beberapa orang tua yang ingin langsung memotong kuku anak sedikit dalam. Namun hal tersebut justru bisa membuat jari-jarinya terluka, bahkan akan rentan terkena infeksi serta cantengan. Oleh karena itu, potonglah perlahan dan tidak terlalu dalam ya Bunda. Lalu bolehlah menghaluskan kukunya dengan menggunakan alat kikir khusus bayi.

Gunting di ruangan dengan pencahayaan cukup

Tentunya Bunda sudah tahu kan kenapa harus menggunting kuku bayi di tempat dengan pencahayaan cukup? Yap! Kuku bayi yang mungil tentu membuat Bunda harus lebih berhati-hati saat memotong, oleh karena itu tempat dengan pencahayaan khusus akan sangat membantu. Coba gunting kuku sang buah hati di siang maupun pagi hari untuk mendapat cahaya cukup. Hal tersebut tentunya bisa memperkecil resiko kuku bayi terluka.

Jadi Bunda, bila ingin menggunting kuku sang buah hati coba gunakan pemotong kuku khusus ya. Dan juga lakukanlah seusai mandi serta jangan mengguntingnya terlalu dalam agar tak terluka. Jangan lupa untuk cari ruangan dengan pencahayaan cukup dan bersihkan dulu kotoran kukunya sebelum digunting. Bila Bunda sudah selesai menggunting kuku si kecil, boleh lah beristirahat sejenak santai sambil ngemil jajanan aneka rasa, Lapis Malang. Penganan tersebut bisa Bunda dapatkan di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

 

 

Leave a reply