Yang namanya anak-anak biasanya rentan sekali terserang penyakit bila musim pancaroba tiba. Entah itu flu, radang tenggorokan, diare, gatal-gatal, dan aneka penyakit lain yang kerap menghampiri si kecil. Saat anak mulai sakit tentunya orang tua yang akan kebingungan mencari cara agar si kecil segera pulih. Nah sebelum si kecil terserang penyakit, ada baiknya Bunda siapkan 1001 cara untuk melindunginya ya. Dan di bawah ini ada lima cara yang bisa Bunda gunakan agar sang buah hati tercinta terlindungi dari serangan aneka virus dan bakteri musim pancaroba.

Jaga kebersihan

Eiits, maksud dari menjaga kebersihan si kecil di sini bukan berarti Bunda mengurungnya di rumah agar tidak terkontaminasi aneka virus atau bakteri di luar ya. Biarkan anak tetap beraktivitas di luar bersama kawan-kawannya. Dan yang perlu Bunda lakukan di sini adalah untuk selalu mengingatkannya untuk mencuci tangan serta kaki seusai bermain di luar. Ingatkan juga untuk mencuci kaki-tangan sehabis keluar dari kamar mandi, bermain dengan binatang piaraan, sebemul makan, serta saat akan tidur agar bakteri tak masuk dalam tubuhnya.

Tidak menutup hidung dengan  tangan ketika bersin

Tak hanya anak-anak, banyak orang dewasa yang sampai saat ini juga masih menggunakan kedua tangan untuk menutup mulut saat bersin. Padahal menurut dr. Rebecca G. Carter, MD dari rumah sakit anak Universitas Maryland, menutup area mata, hidung, dan mulut dengan menggunakan tangan hanya akan mebuat virus masuk ke dalam tubuh. Jadi, biasakan si kecil untuk menutup hidung dan mulut dengan lipatan siku saat bersin.

Tidak berbagi peralatan makan

Siapa sangka bahwa ternyata berbagi peralatan makan juga bisa jadi media penularan penyakit pada anak. Memang sih akan terkesan lebih praktis bila saling bergantian alat makan dengan sesame anggota keuarga, namun hal tersebut hanya akan memperbesar kemungkinan menularkan virus dan bakteri, Bunda. Apalagi bila ada angora keluarga Bunda yang sedang sakit, sebaiknya hindari untuk berbagi peralatan makannya ya.

Siapkan ‘peralatan tempur’

Saat musim pancaroba tiba tentunya kita tidak tahu ya apakah hari ini akan turun hujan atau malah akan panas sepanjang hari. Oleh karena itu selalu bawakan anak payung dan jas hujan ketika pergi ke luar rumah. Dan bila bepergian dengan menggunakan sepeda motor, jangan lupa untuk mengenakan si kecil jaket ya Bunda. Bagaimanapun juga yang namanya mencegah itu akan lebih baik daripada mengobati.

Gunakan masker

Memang sih kemungkinan anak merasa tidak nyaman jadi besar ketika kita harus memintanya mengenakan masker, tapi bila itu bisa mengurangi resiko tertular penyakit ya tentunya bisa dicoba untuk dipraktekkan ya. Namun bila si kecil sering menolak, paling tidak berilah dia pengertian untuk mengenakan masker saat ada kawannya terserang flu atau selama di perjalanan. Selain itu, jangan lupa untuk membuang masker yang telah terpakai ya.

Nah itu dia Bunda, lima cara yang bisa coba dipraktekkan untuk melindungi si kecil di musim pancaroba ini. semua orang tua tentu tidak ingin buah hati tercintanya terserang penyakit dong? Maka dari itu lakukan perlindungan ekstra ya Bund. Dan pastinya selalu beri si kecil asupan makanan sehat agar makin kuat. Sediakan juga camilan lezat agar perut si kecil tidak gampang keroncongan. Nah salah satu camilan yang Bunda bisa coba adalah Lapis Malang. Jajanan aneka rasa ini bisa Bunda dapatkan di outlet Lapis Malang Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply