Si kecil mengompol saat ia tertidur adalah hal yang umum terjadi ya bunda. Hal itu sering terjadi di saat si kecil belum terbiasa untuk pergi ke toilet di malam hari. Akan tetapi, banyak orang tua yang merasa khawatir sekaligus kesal karena mendapati tempat tidur sang buah hati selalu basah keesokan harinya. Tenang saja bunda, kebiasaan mengompol bisa dihentikan dengan beberapa cara loh. Berikut ini Lapis Malang akan berbagi informasi terkait cara menghentikan kebiasaan ngompol sang buah hati yang bisa langsung Bunda coba malam nanti.

Biasakan Anak Pipis Sebelum Tidur

Membiasakan anak untuk pipis terlebih dahulu sebelum berangkat tidur adalah strategi yang umum dilakukan oleh para orang tua. Selain itu, ajarkan juga padanya untuk mengatakan pada ayah atau ibunya setiap ingin buang air kecil. Dengan begitu kemungkinan dia akan mengompol juga makin kecil, bukan? Dan bila si kecil berhasil untuk tidak mengompol, berilah dia pujian sederhana. Meski terkesan remeh, tapi pujian itu akan membuatnya bangga dan kemudian berusaha untuk tidak mengompol.

Atur Jadwal Minumnya

pixabay.com

Banyak orang tua yang mulai mengatur kadar minum air putih sang buah hati, hal tersebut semata-mata agar sang buah hati tidak lagi mengompol. Cara ini juga bisa bunda praktekkan di rumah loh. Bunda bisa mengatur jadwal minumnya dengan lebih banyak memberi asupan minum di pagi hari sampai sore hari. Lalu secara bertahap mengurangi asupan minumnya di malam hari.

Batasi Konsumsi Makanan Ringan

123rf.com

Cara berikutnya adalah dengan membatasi si kecil mengkonsumsi makanan ringan atau snack.  Hal tersebut dikarenakan, makanan ringan mengandung sodium atau asupan garam yang tinggi. Kandungan garam yang tinggi akan membuat ginjal bekerja ekstra untuk mengatur keseimbangan garam dan mendorong produksi air seni lebih bnayak. Jadi, jangan sering-sering memberikan snack untuk si kecil ya bunda.

Beri Contoh Yang Baik

pixabay.com

Tips yang satu ini sepertinya bisa Bunda praktekkan saat ada acara menginap bersama keluarga besar. Bunda bisa memperlihatkan anak lainnya yang lebih besar dan tentunya yang tak lagi mengompol. Bunda bisa coba menunjukkan bahwa sepupunya selalu pergi ke toilet saat ingin buang air kecil dan sudah jarang mengompol. Tapi ingat, cara ini bukan bermaksud membandingnya si kecil dengan saudaranya ya. Melainkan hanya untuk memberikan contoh saja.

Membuat Tabel Harian

penuliscilik.com

Cara sederhana mencegah anak mengompol adalah dengan membuat tabel reward. Bunda bisa membuatkannya tabel sederhana harian dan menyediakan stiker dengan wajah ceria dan juga wajah sedih. Saat si kecil bisa tidur dan tidak mengompol bunda bisa menempelkan wajah ceria pada tabel sesuai harinya. Dan jika si kecil masih tidur dan mengompol, tempelkan wajah cemberut di tabel hariannya.

Demikian bunda cara-cara jitu mencegah anak mengompol. Cara-cara diatas memang dibutuhkan kesabaran ya bunda. Jika si kecil berhasil tidur tanpa mengompol selama berhari-hari, bunda bisa memberikan Lapis Malang sebagai hadiahnya. Lapis Malang yang sehat dan juga lezat bisa bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  11. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing
  12. Giant Sawojajar Lantai 2

 

 

Leave a reply