Kondisi sembelit tentunya menjadi satu hal yang sangat tidak mengenakkan bagi orang dewasa ya Bunda. Apalagi jika hal itu dialami oleh sang buah hati yang usianya masih sangat kecil. Pasti rasanya sangat mengganggu, apalagi dia belum bisa mengungkapkan apa yang dia alami. Sebagai orang tua tentu kita harus tahu dan paham betul bagaimana cara mengatasinya agar si kecil cepat kembali ceria. Dan berikut ini ada 5 trik yang bisa Bunda coba untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Gunakan pencahar alami

Obat pencahar memang menjadi salah satu solusi saat orang dewasa mengalami konstipasi atau sembelit. Namun tentu hal itu kurang sesuai bila diberikan pada si kecil. Maka dari itu, buatlah pencahar alami dengan cara merendam buah apel (yang telah dicincang) dengan air panas dan didiamkan selama 1 malam. Setelah itu baru berikan 1 sendok the air rendaman tadi untuk si kecil. Selain apel, Bunda juga bisa menggunakan buah plum, buah persik, buah pir, bayam, maupun kacang polong. Makanan-makanan tadi dipercaya memiliki senyawa yang mampu melunakkan tinja serta mengatasi sembelit.

Memijat perutnya

Cara lain yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memijat perut si kecil. Pijatlah perutnya dengan lembut dan perlahan. Ukurlah 3 jari di bawah pusar si kecil, kemudian coba letakkan jari Bunda pada bagian kiri bawah lalu tekan ara itu secara perlahan dengan menggunakan jari. Tekanlah hingga Bunda merasakan sesuatu yang keras dan lakukan pijatan selama 3 menit.

Hindari makanan tertentu

Jika sang buah hati merasakan sembelit, coba ganti asupan makanan padatnya. Makanan padat seperti wortel, pisang, nasi sangat mungkin menjadi penyebab konstipasi yang dialami si kecil. Oleh karen aitu coba ganti asupannya dengan makanan berserat tinggi. Bunda bisa memberikan aneka sayuran hijau, buah naga, ataupun mangga untuk anak.

Ganti susu formula

Percaya atau tidak ternyata susu formula juga bisa menjadi salah satu penyebab sembelit pada si kecil. Pasalnya ada beberapa kasus di mana anak tidak cocok mengonsumsi susu formula tertentu. Maka coba berikan kembali ASI untuk sang buah hati. Bila dia menolak, ada baiknya Bunda mengonsultasikannya kepada dokter agar permasalahan sembelit bayi cepat teratasi.

Olahraga

Memang sih bayi masih belum bisa melakukan olahraga sendiri, oleh karena itu coba bantu si kecil untuk berolahraga. Bila anak Bunda sudah mulai merangkak, coba dorong si kecil untuk merangkak sebentar. Bila belum memungkinkan, coba posisikan mereka terlentang, pegang pergelangan kakinya, dan gerakkan kaki si kecil dengan perlahan layaknya sedang menggenjot sepeda. Lakukan ini selama beberapa saat ya Bunda.

Itu tadi Bunda beberapa cara yang bisa dilakukan agar si kecil terbebas dari sembelitnya. Kalau memang konstipasi tersbeut terlihat sangat mengganggu, mulailah berkonsultasi pada dokter ya. Dan setelah semua permasalahan sembelit bisa diatasi, Bunda bisa nih bersantai dengan si kecil sambil ngemil ya. Tentunya juga ditemani penganan enak, Lapis Malang yang bisa diperoleh di Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A, Sawojajar, tak jauh dari Universitas Wisnuwardhana dan Velodrome Malang.

Leave a reply