Setiap anak pasti memiliki karakter yang berbeda-beda ya bunda. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor lingkungan ataupun keturunan. Ada yang ceria, ada yang super aktif, dan ada juga yang pemalu. Sebagai orang tua, pastinya kita menginginkan si kecil dapat bersosialisasi di lingkungannya, misalnya di sekolah. Nah, berikut ini Lapis Malang punya beberapa tips untuk meningkatkan percaya diri si kecil yang pemalu.

Tidak Membandingkan Dengan Anak Lain

sumber : pixabay.com

Terkadang, secara tidak sadar, kita kerap membandingkan keberhasilan buah hati kita dengan anak lainnya. Hal tersebut yang orang tua kira bisa menjadi motivasi sang anak untuk lebih berkembang, ternyata bisa melukai hatinya loh bun. Si kecil akan merasa sangat bersalah dan semakin tidak percaya diri, ketika dirinya dibandingkan dengan anak lainnya. Jaadi, jangan sekali-kali membandingkan si kecil dengan anak lain ya bunda.

Biarkan Dia Berkreasi dan Berikan Pujian

sumber : pixabay.com

Salah satu cara meningkatkan percaya diri si kecil adalah dengan membiarkan dia menekuni hobinya. Pertama, kenali bakat yang dimiliki si kecil dan beri ia dukungan dalam mengelola bakatnya. Misalnya ia berbakat dan menekuni menari, bermain musik, olahraga, menyanyi, melukis, dan sebagainya. Berikan ia fasilitas untuk mengelola bakat yang kemudian menjadi hobinya tersebut. Jangan lupa hargai bakat mereka misalnya dengan memberi pujian atau hadiah.

Jangan Paksakan Kehendaknya

sumber : pixabay.com

Ketika orang tua memaksa kehendak sang buah hatinya, ia akan berfikir juga dunia mereka dibatasi dan merasa terpaksa saat melakukannya loh bunda. Sebaiknya, orang tua membimbing buah hatinya untuk melakukan sesuatu arah mengetahui kemana arah bakatnya, dan hargai apapun pilihannya. Jangan sampai kita sebagai orang tua menjudge sesuatu baik atau buruk ya bunda.

Kenalkan Lingkungan Positif

pramuka
sumber : pixabay.com

Ajaklah si kecil keluar dari zona nyamannya dengan membawa mereka ketika ada acara keluarga atau acara kantor bunda. Hal tersebut bisa memungkinkan mereka bertemu dengan teman-teman seusianya. Mintalah si kecil mengenalkan dirinya pada anak-anak seusianya. Atau bunda bisa membiarkan si kecil bergabung dengan teman di sekolahnya atau anak-anak tetangga untuk bermain bersama.

Menjadi Pendengar yang Baik

sumber : pixabay.com

Hal yang paling utama untuk meningkatkan percaya diri si kecil adalah dengan mejadi pendengan yang baik baginya. Tanyakan padanya tentang hal-hal yang ia lakukan di sekolah atau di tempat lainnya. Berikan saran dengan lembut tanpa menggurui dan biarkan ia menyelesaikan masalah sendiri, agar ia tidak manja dan semakin percatya diri.

Demikian bunda 5 tips untuk meningkatkan rasa percaya diri si kecil. Supaya si kecil semakin bersemangat di setiap upaya meningkatkan percaya diri, jangan lupa berikan ia Lapis Malang yang lezat dan bebas bahan pengawet. Bunda bisa mendapatkan Lapis Malang di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  7. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Giant Sawojajar Lantai 2

Leave a reply