Setiap orang tua pasti merasa kesal ketika buah hati mereka susah makan sayur. Tak jarang hal seperti ini membuat orangtua membujuk anak dengan berbagai cara contohnya memberi apa yang si kecil inginkan seperti mainan, permen, dan barang lain yang mereka sukai. Menyogok seperti itu bukan pilihan yang baik. Bahkan tidak sedikit pula orangtua memarahi si kecil karena tidak memakan sayur.  Pada dasarnya, jika si kecil  susah makan sayur jangan memaksa atau memarahinya ya Bunda, karena apapun yang dilakukan secara paksa akan membuat si kecil semakin benci dengan makanan tersebut.  Lantas, bagaimana caranya menghadapi jika si kecil susah makan sayur? Berikut  4 siasat atasi si kecil yang susah makan sayur!Yuk disimak dan dipraktekan dirumah, Bun!

Jangan Menyembunyikan Sayuran

freepik.com

Menyembunyikan sayuran di dalam makanan lain seperti telur mungkin menjadi salah satu cara mengatasi anak susah makan sayur. Sayangnya, cara ini tidak selalu berhasil. Pasalnya, anak perlu dikenalkan sayuran dalam bentuk dan rasa yang asli, bukan malah disembunyikan dan diolah jadi makanan lain. Dengan begitu si kecil dapat melatih indera perasanya untuk makanan yang berbeda-beda ya Bunda.

Jadi Teladan Untuk Si Kecil

 

freepik.com

Jika Bunda ingin si kecil menyukai sayuran, maka Bunda pun juga harus menyukai dan mengonsumsi sayuran. Ingatlah, anak mencontoh orangtuanya. Maka Bunda dan keluarga harus memberi panutan yang baik untuk si kecil ya. Tunjukkanlah sayur merupakan makanan yang enak dan menyehatkan. Konsumsilah sayur dengan cara yang menyenangkan dan buatlah makanan yang dapat menggugah selera agar si kecil tergoda untuk memakannya. Usahakan untuk memasak sayur yang berwarna cerah, seperti sayur bayam, tomat, dan wortel.

Memasak Bersama Si Kecil

freepik.com

Mengajak si kecil memasak bersama merupakan salah satu kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Dengan mengenalkan proses memasak sayuran akan membuat si kecil dan Bunda memiliki kegiatan bersama yang dapat menciptakan suasana positif meskipun si kecil justru bikin dapur jadi berantakan, tapi ini . Selain itu hal tersebut akan mendorong anak berkreasi untuk membuat makanannya sendiri. Hal tersebut dapat mendorong si kecil untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Sajikan sayuran sejak kecil

freepik.com

 

Membuat si kecil terbiasa memakan sayuran sejak kecil adalah hal terbaik ya Bunda, lebih tepatnya saat mereka pertama kali mulai mengonsumsi MPASI. Lakukan kebiasaan menyajikan sayuran untuk anak-anak sebagai sarapan, makan siang, dan makan malam sampai mereka dewasa. Agar si kecil tidak bosan maka Bunda harus menyajikan berbagai sayuran dalam menu yang berbeda setiap harinya.

Itulah beberapa siasat yang bisa Bunda lakukan untuk si kecil agar mengonsumsi sayuran.Nah jangan ragu lagi ya untuk mengenalkan sayuran kepada si kecil. Dengan begitusi kecil akan mencintai dan mengonsumsi sayuran. Nah jika Bunda memerlukan camilan untuk si kecil maka Bunda bisa memilih Lapis Malang.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341-2996 153)
2. Jl. Kawi Atas No. 43 C (0341-5075 879)
3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341-723 782)
4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari. (0341-3042 593)
5. Jl. Raya Wendit No. 3
6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
7. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun

 

Leave a reply