Banyak orang tua yang terkadang masih ragu untuk menidurkan bayi mereka dengan posisi tengkurap ya. Alasan yang kuat dilontarkan adalah karena tidak ingin hal buruk terjadi pada sang buah hati tercinta. Sementara menurut beberapa ahli, menidurkan anak dengan posisi tengkurap itu boleh saja asalkan si kecil sudah siap. Pasalnya ternyata tidur dengan posisi tengkurap memiliki manfaat yang cukup besar untuk si kecil lho Bunda.

Melatih otot leher

Siapa sangka posisi tidur yang tengkurap bisa membantu sang buah hati untuk melatih kekuatan otot bagian lehernya lho. Saat di posisi tengkurap, si kecil akan terdorong untuk berusaha mengangkat kepalanya sendiri yang tentu saja hal tersebut akan melibatkan bagian otot leher. Biasanya nih Bunda, kemampuan seperti ini sudah bisa dilakukan si kecil ketika memasuki umur 4 bulan-an.

Membantu pembentukan tengkorak

Seperti yang kita semua tahu bahwa tulang tengkorang seorang bayi tentu masihbelum sepenuhnya sempurna, sehingga bagian kepalanya juga terkesan elastis. Oleh karena itu, posisi tengkurap kemudian diyakini bisa membantu menghindari bentuk kepala si kecil yang gepeng atau peyang dikarenakan terlalu sering tidur rerlentang. Posisi tidur tengkurap juga dipercaya bisa membantu mempercepat pembentukan tengkoraknya.

Menguatkan paru-paru

Menidurkan si kecil dengan posisi tengkurap ternyata juga akan membantu mneguatkan fungsi paru-parunya. Seperti yang kita tahu, saat bayi berada dalam posisi tersebut tentu paru-parunya akan bertemu langsung dengan kasur dan membantu menopang tubuhnya. Hal inilah yang kemudian bisa membentuk tulang paru-paru agar lebih kuat. Bila demikian maka fungsi paru-paru juga bisa bekerja lebih baik.

Memperbaiki kualitas tidurnya

Mungkin belum banyak yang tahu ya bahwa posisi tidur tengkurap untuk si kecil bisa membuatnya tidur lebih nyenyak. Pasalnya posisi ini bisa meredam reflex kaget yang kerap dialami sang buah hati ketika tertidur. Hal inilah yang kemudian embuat seorang bayi lebih terjaga ketika tidur dan otomatis juga meredam rewelnya di malam hari ya Bunda.

Itu tadi Bunda memerapa manfaat menidurkan si kecil dengan posisi tengkurap yang mungkin belum banyak diketahui ya. Meski demikian bila si kecil sudah merasa tidak nyaman, Bunda boleh mengganti posisi tidurnya kok. Sembari memperhatikan dan mengawasi tidurnya, yuk Bunda bisa sambil ngemil. Pilih saja camilan aman Lapis Malang untuk menemani Bunda yang bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Giant Sawojajar Lantai 2
  7. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply