Mengajari anak membaca sepertinya menjadi salah satu agenda setiap orang tua ya. Namun kemampuan yang satu ini memang harus diajarkan dengan penuh kesabaran ya Bunda. Pasalnya yang namanya anak kecil tentu butuh waktu lumayan panjang untuk bisa memahami huruf, kata, bahkan kalimat. Oleh karena itu, berikut Lapis Malang ingin berbagi tips terkait cara mengajari si kecil membaca tentunya dengan cara yang menyenangkan dan dia sukai.

Menggunakan nyanyian

Semenjak si kecil lahir tentu Bunda sudah sering menyanyikannya lagu anak-anak, bukan? Dan sebenarnya lagu juga bisa menjadi media belajar yang baik untuk mengajari anak membaca lho. Untuk tahapan pertama Bunda bisa mengajak sang buah hati menyanyikan abjad dan juga huruf. Memang sih lagu ini terkesan sangat sederhana, namun lagu ini juga yang akan membantu si kecil mengenal serta menghafal abjad dan juga huruf Bund.

Membaca buku dongeng

Awanya Bunda harus membuat si kecil mencintai aktivitas membaca buku nih. Pilihlah buku-buku cerita bergambar dan coba untuk membacakannya di setiap hari. Memang sih pada mulanya sang buah hati mungkin hanya akan tertarik dengan gambarnya saja. Tapi lama kelamaan setelah dia sering diperdengarkan cerita, secara tidak langsung perbendaharaan katanya akan bertambah. Dan ketika Bunda mulai memperkenalkannya pada kata-kata, dia akan merasa tak lagi asing. Bila kemampuan membacanya sudah terasah, baru ajak si kecil belajar membaca kata dalam buku tersebut.

Memanfaatkan karpet huruf

Bunda pasti sudah sering melihat karpet atau alas lantai berbentuk puzzle huruf di toko furniture kan? Nah alas tersebut selain bermanfaat untuk menghias ruangan juga bisa digunakan untuk mengajari anak mengenal huruf. Pasang karpet huruf tersebut di ruangan yang biasa digunakan bermain oleh si kecil. Kemudian ajaklah sang buah hati bermain di atasnya. Bunda juga mengenalkan huruf pada karpet tersebut sambil menyanyikan lagu abjad. Tentu akan jadi sangat menyenangkan, bukan?

Menggunakan kartu baca (flash card)

Kartu baca atau flash card juga termasuk salah satu media pembelajaran yang banyak dipilih orang tua untuk mengajarkan si kecil membaca. Bagaimana tidak, kartu ini punya berbagai jenis warna yang disukai anak-anak dan juga dilengkapi dengan banyak gambar menarik. Bunda bisa memilih flash card dengan gambar yang berbeda-beda, mulai dari buah, sayur, huruf, angka, huruf hijaiyah, ataupun hewan. Dengan begitu si kecil juga bisa langsung tau seperti apa penampakan benda yang disebutkan dari gambar tersebut. Apalagi sekarang sudah ada flash card yang spesial digunakan untuk mengenalkan suku kata. Tentu hal ini makin mempermudah, bukan?

Selain empat cara di atas, ada juga beberapa orang tua yang mengajarkan membaca si kecil dengan menggunakan aplikasi pada gadget. Boleh saja sih cara ini digunakan, dengan catatan orang tua harus selalu mendampingi si kecil ya. Dan beri batasan waktu juga untuk penggunaan gadgetnya. Semoga sukses ya Bunda dalam mengajari anak membaca. Oh ya, waktu belajar pasti akan lebih menyenangkan bila ditemani camilan enak aneka rasa seperti Lapis Malang ya. Penganan manis ini bisa Bunda dapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  5. Jl Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  6. Giant Sawojajar Lantai 2
  7. Giant Kebonsari Sukun Lantai 1

Leave a reply