Sebelum si kecil memasuki usia sekolah, ia harus menguasai hal yang paling mendasar ya bunda, yaitu menulis. Dengan menulis, ia akan mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan juga kemampuan berbahasanya. Ia juga terbiasa menyusun pikirannya menjadi tertata dan mudah dipahami, lewat menulis. Ada banyak cara loh bunda untuk mengajari si kecil menulis. Dan ada banyak aktivitas juga yang bisa bemnanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis buah hati bunda. Berikut ini contoh aktivitas-aktivitas tersebut.

Membaca

pixabay.com

Buku adalah jendela ilmu ya bun. Dengan membaca, banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kita didapatkan, dan hal ini juga berlaku untuk anak-anak. Jika ia sering membaca buku, kemampuan menulisnya juga akan semakin meningkat loh bunda. Semakin banyak buku yang ia baca, maka semakin paham juga ia akan menyusun kalimat. Selain itu, ia juga mengembangkan imajinasinya. Jika wawasannya semakin luas, ia akan punya banyak hal yang akan diceritakan dalam tulisannya.

 

Menggambar dan Mewarnai

pixabay.com

Menggambar, mewarnai dan juga menulis secara tidak langsung ada hubungannya loh bunda. Setelah si kecil menggambir kemudian mewarnai, mintalah ia untuk menceritakan hasil karyanya tersebut ke dalam sebuah tulisan. Melalui cara ini, bukan hanya kemampuan menulisnya saja bun yang akan meningkat, tetapi daya imajinasi dan juga kreativitasnya juga akan meningkat. Bunda juga bisa loh mengajaknya untuk membuat cerita bersambung dari gambar-gambarnya.

 

Menulis Buku Harian

pixabay.com

Jangan lupa untuk membiasakan si kecil menceritakan hari-harinya dan semua hal yang ia lewatkan melalui buku harian. Supaya ia lebih tertarik, ajak ia untuk memilih buku hariannya secara langsung. Buatlah rutinitas khusus sang buah hati menulis buku hariannya setiap hari. Misalnya sebelum tidur atau setelah belajar. Jangan lupa untuk memastikan buku hariannya tetap terisi setiap hari. Berikan ia hadiah jika ia berhasil menulis selama sebulan penuh setiap harinya, supaya ia semakin termotivasi.

 

Jalan-jalan

pixabay.com

Pengalaman si kecil akan semakin bertambah dengan bunda mengajaknya berpergian. Misalnya mengajaknya ke taman kota, ke kebun binatang, ke pantai, ke mall ke agrowisata, dan lain sebagainya. Setelah bunda mengajaknya berpergian, jangan lupa juga untuk memintanya menceritakan pengalamannya tersebut ke dalam sebuah tulisan. Semakin sering ia diajak berpergian, semakin banyak juga pengalaman yang ia dapatkan.

Demikian bunda beberapa aktivitas yang bisa meningkatkan kemampuan menulis untuk si kecil. Supaya ia lebih bersemangat lagi dalam meningkatkan kemampuan menulisnya, jangan lupa berikan Lapis Malang disela-sela aktivitasnya. Kue lapis dengan berbagai varian rasa dan juga topping menarik ini bisa didapatkan di :

  1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341- 2996 153)
  2. Jl. Kawi Atas 43 C (0341 – 5075 859)
  3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341 – 723 782)
  4. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
  5. Jl. Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1
  6. Jl. Tumenggung Suryo No. 76 A
  7. Jl. Raya Wendit No. 3, Mangliawan
  8. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
  9. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  10. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  11. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
  12. Jl. Raya Sulfat No. 51, Blimbing

 

Leave a reply