Mendidik si kecil memang bukan sesuatu yang mudah ya. Ada kalanya memuji secara berlebihan pun dapat membawa dampak yang buruk untuk si kecil. Memuji dengan cara yang berlebihan dapat membuat si kecil merasa terlalu percaya diri dan bersikap egois. Terkadang orang tua kerap memberikan pujian dengan harapan hal tersebut dapat membuat si kecil senang. Diyakini bahwa memuji keberhasilan atau prestasi si kecil akan membuat anak lebih termotivasi, percaya diri, dan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupan. Nah, Bunda berikut akan kami berikan beberapa tips memuji si kecil yang sudah berprestasi ya. Yuk disimak dan dipraktikkan di rumah bersama si kecil, Bun!

Fokus Pada Proses Bukan Hasil

freepik.com

 

Memberikan pujian tidak selalu berbicara tentang pencapaian atau hasil yang didapatkan si kecil ya Bunda. Namun, bisa juga pada proses dan usaha si kecil saat berjuang untuk mendapatkannya. Inilah pujian yang sifatnya membangun si kecil akan lebih baik di kemudian hari.  Salah satu contoh memuji si kecil yang membangun yaitu, ” Bagaimana tadi sekolahnya? Yaudah, gak perlu cemas ya, kan adek sudah berusaha belajar maksimal.”
Bila di perhatikan memang pujian diatas tidak membanggakan namun menghargai proses dan usaha yang dilakukan si kecil. Dengan begitu si kecil akan merasa usaha yang dilakukannya berharga. Dan akan membuat si kecil lebih semangat lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Menatap Mata Si Kecil

freepik.com

Untuk membuat si kecil lebih percaya diri dengan cara memuji sangat efektif loh Bunda. Namun bagaimana Bunda dan keluarga memberikan pujian kepada si kecil sangatlah penting. Gunakan nada suara yang lembut, hangat dan penuh rasa sayang ya Bunda. namun jangan lupa bahwa kontak mata dengan si kecil juga merupakan suatu hal yang penting. Jika memungkinkan posisikan wajah Bunda menghadap wajah si kecil. Interaksi seperti inilah yang dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak yang akan menunjang keberhasilan serta semangat si kecil untuk lebih baik lagi dalam mencapai apa yang dia inginkan.

Puji Si Kecil Dengan Tulus

freepik.com

Bunda dan keluarga harus tau kapan waktu yang tepat memberikan pujian terhadap si kecil. jadi, jangan memberikan pujian kepada si kecil terlalu sering ya, karena hal tersebut dapat menimbulkan kesan bahwa pujian tersebut tidak tulus. Terlalu sering memuji si kecil akan membuat si kecil tidak percaya lagi dengan pujian tersebut loh Bunda. Ketulusan saat memuji si kecil dapat diwujudkan dengan melibatkan emosi Bunda. Cobalah untuk memusatkan perhatian , kasih sayang serta pilihlah kata pujian yang tepat. Sehingga si kecil dapat merasakan rasa kasih sayang yang terkandung dalam pujian tersebut,

Nah berikut beberapa tips cara memuji si kecil yang berprestasi ya Bunda. Jangan pernah memberikan pujian yang berlebihan. Namun berikanlah pujian yang bisa membangun semangat dan rasa percaya diri si kecil.  Dan jika Bunda membutuhkan camilan untuk si kecil, Bunda bisa memberikan Lapis Malang.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

  1. Jl.Soekarno Hatta 30 Kav 5
  2. Jl.Kawi Atas No. 43 C
  3. Jl. Danau Toba E4A-13 Kav.2 Sawojajar Malang
  4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari.
  5. Jl.Raya Wendit No. 3
  6. Jl.Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji.
  7. Jl.Diponegoro 171 C, Batu
  8. Jl.Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl.Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl.S. Supriadi 1A, Sukun

Leave a reply