Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda, termasuk kemampuannya untuk memulai toilet training. Sama seperti kemampuan untuk merangkak dan berjalan, menggunakan toilet pun membutuhkan ketrampilan yang harus dipelajari si kecil. Secara umum anak memulai toilet training saat memasuki usia 19 sampai 3 tahun ya Bunda. Sebelum melakukan toilet training ada beberapa ketrampilan yang harus dikuasi si kecil. Sudahkah Bunda mengajari si kecil untuk toilet training? Jika belum, simak 3 tips ini bikin si kecil lulus toilet training loh, Bun!

Jelaskan Fungsi Toilet

freepik.com

 

Sebelum si kecil toilet training, si kecil harus tau apa saja fungsi toilet dan bagaimana cara kerjanya ya Bunda. Entah itu toilet duduk ataupun jongkok, bagaimana cara menyiram kloset, dan lain-lain. Lama kelamaan si kecil akan memahami kalau ia perlu menggunakan toilet. Selain itu beritahu si kecil jika ia tidak bisa buang air kecil dan besar di popok lagi. Sehingga si kecil bisa menggunakan celana dalam, dan pergi ke toilet jika ingin membuang air kecil ataupun besar. Dengan penjelasan tersebut akan membuat si kecil paham ya Bunda.

Coba Gunakan Pispot

freepik.com

Meskipun si kecil belum mau menggunakan toilet, namun bunda dan keluarga bisa mengajarkannya untuk menggunakan pispot terlebih dahulu. Agar si kenal lebih mengenal fungsi toilet maka letakkan pispot di toilet untuk buang air. Dengan begitu si kecil akan lebih terbiasa dan mengerti jika buang air kecil dan besar memang di toilet dan tidak perlu menggunakan popok lagi.

Atur Jadwal

freepik.com

 

Untuk mengatur jadwal si kecil pergi ke toilet maka Bunda perlu mengatur asupan makanan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. oleh karena itu perlu mengawasi kapan si kecil buang air kecil maupun besar. Misalnya, si kecil biasa pipis dua jam sekali atau 4 kali sehari maka Bunda bisa mengetahui jadwal untuk mengarahkannya ke toilet.

Apapun kemajuan yang dilakukan saat belajar toilet training patut di apresiasi ya Bunda. Coba berikan sedikit senyuman, pelukan, pujian bahkan camilan kesukaannya ya Bunda. Seperti Lapis Malang, camilan sehat dan aman untuk si kecil.

Bunda bisa mendaparkan Lapis Malang di :

  1. Jl.Soekarno Hatta 30 Kav 5
  2. Jl.Kawi Atas No. 43 C
  3. Jl. Danau Toba E4A-13 Kav.2 Sawojajar Malang
  4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari.
  5. Jl.Raya Wendit No. 3
  6. Jl.Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji.
  7. Jl.Diponegoro 171 C, Batu
  8. Jl.Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
  9. Jl.Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
  10. Jl.S. Supriadi 1A, Sukun

Leave a reply