Kita tentu mengetahui betapa sulitnya membuat si kecil untuk berbagi mainan dengan temannya ya Bunda. Playdate yang seharusnya menyenangkan, akan membuat si kecil menangis karena berebut mainan. Atau sebaliknya, ia akan menangis karena mainannya dirampas oleh temannya. Tenang ya Bunda jangan emosi dulu kepada si kecil. Mari kita ketahui penyebab mereka sulit berbagi, lalu Bunda dan keluarga bisa mencari cara yang tepat untuk mendidik mereka sejak dini. Nah, berikut 3 cara mengajarkan si kecil untuk berbagi mainan dengan temannya. Yuk di praktikkan, Bun!

Tekankan Prinsip Giliran

freepik.com

Bunda harus mengajarkan si kecil arti giliran dan bisa mempraktikkannya di rumah. Contoh, Bunda bisa mengajak si kecil untuk bermain secara bergiliran. Terkadang si kecil susah mengalah dan berbagi karena dia menganggap bahwa dia masih kecil dan bisa mendapat  giliran pertama dan sesuka hatinya.  Nah, Bunda dan keluarga bisa menghilangkan ini dengan cara membuat aturan siapa dulu yang boleh bermain dan berapa lama waktu bermainnya. Contohkan pula jika saat giliran habis, maka ia harus memberikan mainan tersebut kepada teman bermainnya. Begitu juga sebaliknya.

Ajarkan Untuk Membela Diri

freepik.com

Memberi pengertian dan mendidik si kecil memang penting untuk diajarkan. Namun,  anak tidak perlu selalu diberi tahu mengenai kapan giliran mereka membagi mainannya. Jika Bunda dan keluarga terlalu banyak mengatur dan ikut campur hal tersebut akan membuat kesempatan si kecil untuk belajar membela diri dan berkompromi dengan teman akan hilang. Ajarkan si kecil untuk mengucapkan kalimat yang tepat saat temannya meminta mainannya. Hal tersebut akan menjadi pengalaman berharga untuk si kecil.

Mengajarkan Anak Membuat Aturan

freepik.com

Ajarkan si kecil untuk membuat aturan tentang giliran saat bermain bersama . Bunda dan keluarga bisa mengajarkan beberapa kalimat seperti, ” gantian, ya. Kalau aku sudah selesai kamu boleh meminjamnya. ” . Nah, dengan begitu si kecil akan bisa membagi mainan dengan temannya. Hal tersebut juga berguna untuk mengurangi resiko si kecil berebut mainan, dan bertengkar dengan temannya.

Berikut beberapa cara untuk mengajarkan si kecil berbagi mainan dengan temannya ya, Bunda. Untuk melengkapi keseruan si kecil saat bermain, Bunda bisa menyiapkan Lapis Malang sebagai camilannya. Selain memiliki rasa yang ciamik, kue ini sehat dan juga mengenyangkan. Wah, lengkap kan Bunda, Si kecil senang, dan Bunda tidak khawatir dengan camilannya. Jika Bunda ingin membeli bisa langsung ke outlet Lapis Malang yang beralamat di :

1. Jl. Soekarno Hatta 30 Kav 5 (0341-2996 153)
2. Jl. Kawi Atas No. 43 C (0341-5075 879)
3. Jl. Danau Bratan Blok E 1 No. 12 A Sawojajar (0341-723 782)
4. Jl Raya Mondoroko Perum Puri Kendedes A1, Singosari. (0341-3042 593)
5. Jl. Raya Wendit No. 3
6. Jl. Raya Pakisaji No. 13, Pakisaji
7. Jl. Diponegoro 171 C, Batu
8. Jl. Pahlawan Timur No. 277, Tumpang
9. Jl. Dr. Moh. Hatta 151, Pendem
10. Jl. S. Supriadi 1A, Sukun
11. Jl. Sulfat No. 51
12. Jl. Tumenggung Suryo No. 76 A

Leave a reply